PKWU XI GANJIL KE 8
D. Promosi Produk Hasil Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
1. Pengertian Promosi
Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran dalam hal memasarkan barang atau jasa dari suatu perusahaan.
Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga (Simamora, 2003:285).
Promosi merupakan salah satu variabel marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya. Promosi juga sering dikatakan sebagai “proses berlanjut” karena dapat menumbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan.
Menurut Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo (1993: 222) promosi adalah “arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menyebabkan pertukaran dalam pemasaran”.
Harini (2008:71) berpendapat bahwa “promosi adalah salah satu bentuk komunikasi, yaitu suatu tahap khusus dimaksudkan untuk dapat merebut kesediaan menerima dari orang lain atas ide, barang dan jasa”.
Kemudian menurut Cannon, Perreault, Mccarthy (2009:69) “promosi adalah mengomunikasikan informasi antara penjual dan pembeli potensial atau orang lain dalam saluran untuk memengaruhi sikap dan perilaku”
2. Tujuan Strategi Promosi Penjualan
Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku usaha mengadakan event-event khusus untuk mempromosikan produk unggulannya kepada masyarakat. Kegiatan tersebut sengaja dilakukan para pelaku usaha untuk mendukung strategi pemasaran mereka sehingga produk yang dimilikinya semakin dikenal luas oleh semua lapisan masyarakat.
Berbagai macam strategi promosi pun dilakukan para pelaku usaha untuk menarik minat calon konsumennya dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand image produknya. Misalnya saja promosi besar-besaran melalui potongan harga (diskon khusus), memberikan sampel gratis untuk produk-produk terbaru, atau sekedar memberikan pelayanan khusus bagi para konsumen yang membeli produk dalam jumlah yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan salah satu strategi tersebut untuk memanjakan para konsumen dan meningkatkan omset penjualan setiap bulannya.
Namun, sebelum merencanakan dan menjalankan strategi promosi penjualan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan promosi yang ingin Anda capai. Hal ini penting agar program promosi yang direncanakan bisa sesuai dengan tujuan utama yang ingin dibidik pelaku usaha. Berikut adalah beberapa tujuan utama mempromosikan sebuah produk.
a) Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan Keberadaan event promosi penjualan tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar para pelanggan. Biasanya para pelanggan sengaja menanti event promosi sebuah produk untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih murah. Kondisi inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga mereka tidak segan untuk ikut bergabung dengan antrian yang cukup panjang atau turun langsung berdesak-desakan di lokasi promosi untuk mendapatkan produk unggulan yang sedang diobral besarbesaran.
b) Meningkatkan angka penjualan Sebagian besar pelaku usaha sengaja mengadakan kegiatan promosi besarbesaran untuk meningkatkan volume penjualan dan mendapatkan omset besar setiap bulannya. Biasanya strategi ini dijalankan para pelaku usaha yang memiliki stok persediaan barang di gudang cukup melimpah. Jadi, strategi promosi tersebut sengaja dilakukan untuk menghabiskan stok lama atau persediaan barang di gudang serta mempercepat perputaran uang agar bisa segera balik modal.
c) Membangun loyalitas konsumen Tujuan pelaku usaha mengadakan kegiatan promosi tidak hanya untuk meningkatkan penjualan produk, namun juga untuk membangun loyalitas dari para konsumennya. Hal ini dilakukan untuk menjaring para konsumen yang awalnya hanya sekedar ingin coba-coba, menjadi pelanggan tetap yang akan menggunakan produk-produk yang dibuat secara berkelanjutan. Tentunya untuk mewujudkan tujuan tersebut dibutuhkan strategi promosi jitu, misalnya saja dengan memberikan diskon 25% untuk pembelian selanjutnya, atau memberikan kupon khusus yang bisa ditukarkan dengan produk gratis setelah mengumpulkan lima buah kupon pembelian. Dengan hadiah menarik, maka konsumen pun semakin senang membeli produkproduk yang ditawarkan.
3. Fungsi Strategi Promosi Penjualan Promosi perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan. Strategi promosi perusahaansering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :
a. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
a. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
b. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen
c. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
d. Mengetahui strategi promosiyang tepat kepada para konsumen
e. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
f. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi
4. Kegiatan Promosi Penjualan
Mempromosikan produk pembenihan ikan adalah suatu tahapan yang cukup menantang bagi pemilik usaha / petani ikan. Promosi yang dilakukan haruslah tepat sasaran. Siapa yang akan menjadi konsumen utama (segmentasi pasar). Tentunya kita tidak ingin menghambur-hamburkan uang untuk melakukan promosi yang kurang tepat sasaran. Berikut beberapa cara promosi yang murah tapi tepat sasaran.
a. Mulut ke mulut atau testimonial
b. Promosi melalui jejaring social
c. Loyalty programs
d. Up-selling
e. Mengadakan suatu pameran
f. Blog dan video
g. Stiker promosi di tempat-tempat menunggu
E. Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
1. Pengertian Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
Membuat laporan kerap kali dilakukan dalam mengerjakan tugas laporan prakerin atau laporan kegiatan yang ditugaskan oleh guru di sekolah. Laporan harus mempunyai format penulisan yang baik. Selain itu, isi yang mudah dipahami sudah menjadi keharusan agar pembaca mengerti apa yang dimaksud dalam isi laporan tersebut, sehingga pembaca akan antusias membacanya.
Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa atapun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi. Laporan memiliki berbagai jenis, seperti laporan perjalanan, laporan penelitian, dan laporan perjalanan. Pada hakikatnya, laporan perjalanan adalah cerita tentang perjalanan yang kita lakukan dan termasuk laporan nonformal karena tidak menggunakan sistematika standar laporan resmi. Laporan kegiatan makanan khas daerah dibuat dalam bentuk proposal. Proposal ini yang dibuat bermanfaat untuk :
a. membantu wirausaha untuk mengembang kan usaha dan menguji strategi dan hasil yang di harap kan dari sudut pandang pihak lain (investor)
b. membantu wirausaha untuk berfkir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalan kan
c. sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan menyakinkan gagasan kepada pihak lain
d. membantu meningkat kan keberhasilan para wirausaha
2. Menganalisis Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
Laporan adalah alat pemberitahuan atau pertanggungjawaban dari suatu tim kerja yang disusun secara lengkap, sistematis, dan kronologis. Laporan merupakan suatu keterangan mengenai suatu peristiwa atau perihal yang ditulis berdasarkan berbagai data, fakta, dan keterangan yang melingkupi peristiwa atau perihal tersebut. Laporan mengenai peristiwa atau perihal yang bersifat penting atau resmi biasanya disampaikan dalam bentuk tulisan. Menganalisis laporan berarti melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Hal yang dianalisis dalam laporan dapat meliputi isi peristiwa, kronologi waktu, kelengkapan data, kebahasaan, dan bentuk laporan. Dalam menganalisis laporan yang perlu diperhatikan hal-hal berikut.
a. Menyimak laporan dengan saksama, sehingga dapat menangkap informasi yang disampaikan secara utuh dan lengkap serta terperinci.
b. Memahami isi laporan dari bentuk, isi, maupun kebahasaan.
c. Menguraikan secara detail atau rinci pokok-pokok isi laporan.
d. Melakukan pengecekan terhadap setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat.
e. Tidak mencampuradukkan antara fakta (yang bersifat objektif) dan opini atau pendapat (yang cenderung bersifat subjektif).
f. Melakukan kajian terhadap kebenaran atau ketepatan hasil laporan tersebut.
g. Memberikan suatu pandangan atau pendapat terhadap laporan berdasarkan suatu teori atau defnisi (referensi).
3. Membuat Laporan Kegiatan Usaha Makanan Khas Daerah
Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin kerja sama. Dalam pembuatan proposal ada sistematika yang bisa dijadikan pedomen seperti terlihat berikut.
Halaman
Judul
Kata
Pengantar
Halaman
Pengesahan
Dafar Isi
Dafar Tabel
Dafar Gambar
Dafar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pembuatan Proposal Usaha
B. Ruang Lingkup Usaha
C. Visi dan Misi Perusahaan
D. Jadwal Kegiatan
BAB II TINJAUAN UMUM
A. Aspek Manajemen Usaha
1. Nama Perusahaan
2. Lokasi Usaha
3. Struktur Organisasi
4. Bentuk Badan Usaha
B. Aspek Produksi
1. Nama Produk
2. Bahan Produk
3. Peralatan
4. Proses Produksi
5. Biaya Produksi
6. Lokasi Produksi
C. Aspek Permodalan
1. Sumber Modal
2. Proyeksi Sumber Modal
3. Cash Flow
4. Laporan Rugi / Laba
5. Laporan Neraca
6. Laporan Perubahan Modal
D. Aspek Pemasaran
BAB III PENUTUP
Nama:Marsanda
BalasHapusKelas:Xi ips 3
Ket:hadir
Soal:
1.Apa yang dimaksud dengan pengertian promosi?
2.Dalam menalisis laporan yang perlu di perhatian adalah hal-hal!
NAMA : RIO SAPUTRA
BalasHapusKLS. : XI IPS 3
KET. : HADIR
1.dalam meanalisis laporan apa yang perlu di perhatikan!
2.apa yang dimaksud dengan kegiatan promosi penjualan ?
Nama:mau nor Safitri
BalasHapusKelas: XI IPS
KET: HADIR
1. Budi daya pembenihan ikan konsumsi pada kolam yang seluruhnya terbuat/terdiri dari tanah disebut sistem ….
2. Wadah yang dibuat dengan menggali tanah pada daerah dataran rendah atau tinggi disebut ….
Nama : SELVIYANI
BalasHapusKelas : XI IPS 3
Ket : Hadir
( Soal )
1. Ada beberapa tujuan utama dalam mempromosikan sebuah produk. sebutkan serta jelaskan !
2. Ada berapakah manfaat lain dari adanya kegiatan promosi,coba sebutkan ?
Nama:Inelsa Rahmawati
BalasHapusKelas:Xl IPS 3
Ket:Hadir
Soal
1.Tuliskan pengertian promosi menurut Busu Swastha dan Ibnu Sukotjo!
2.Tuliskan dan jelaskan tujuan utama mempromosikan sebuah produk!
Nama : Davina Putri Shava Felisa
BalasHapusKelas : XI IPS 2
Soal
1.Menurut Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo (1993 : 222) promosi adalah ?
2.Sebutkan manfaat lain dari adanya kegiatan promosi !
nama:Ramudi
BalasHapuskelas:xlips3
ket:hadir
soal
1 apa pengertian promosi
2 jelaskan tujuan strategi promosi penjualan
Nama : NUR HADI KUSUMA
BalasHapusKls :XI IPS 2
Ket :hadir
1. apakah yang dimaksud dengan laporan?
2. Apa yang dimaksud dengan pengertian promosi?
Nama :RESI PERMATA SARI
BalasHapusKls :XI IPS 2
Ket :hadir
1.Apa yang dimaksud dengan pengertian promosi?
2.apakah yang dimaksud dengan laporan?
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh, Bu
BalasHapusNama ; Maria Ulfah
Kelas; XI IPS 2
Ket;. Hadir
Mapel; PKWU/pert-8(D.promosi produk hasil usaha pembenihan ikan konsumsi).
Berikut 2 pertanyaan dari saya;
1)tulisakan pengertian promosi' Menurut Cannon,perreault,McCarthy!
2)tuliskan hal yang dianalisis dalam laporan!
NAMA:WAIS ALQARNI
BalasHapusKELAS:XI IPS 3
SOAL
1.apa yang di maksud Pengertian Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi....
2.Jelaskan Tujuan Strategi Promosi Penjualan....
Nama : Abdul Mujib
BalasHapusKelas:XI ips3
Ket : hadir
Soal
1.apa tujuan strategi promosi penjualan?
2.apa pengertian promosi
Nama :Rizky aditiya
BalasHapusKelas:XI IPS 3
1.apa pengertian promosi
2.apa fungsi strategi penjualan
Nama:wulandari
BalasHapusKelas:XI IPS 2
Ket:hadir
1.apa yang dimaksud dengan promosi?
2.laporan memiliki berbagai jenis,sebutkan!
1.
Nama ; Sidik maulana
BalasHapusKelas; XI IPS 2
Ket:hadir
1.Mempromosikan produk pembenihan ikan adalah...
2.Promosi adalah...
Nama:Novia agustina
BalasHapusKelas:XI IPS 3
KETERANGAN:HADIR
Nama: Amelia Fitri
BalasHapusKelas: XI ips 2
Ket: Hadir
Soal:
1, apa yang dimaksud dengan proposal usaha?
2, mempromosikan produk pembenihan ikan adalah?
Nama:Marsanda
BalasHapusKelas:Ix ips 3
Ket:hadir
Soal
1.apa yang di maksud dengan pengertian promosi?
2.Beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi adalah?
Nama:Inelsa Rahmawati
BalasHapusKelas:Xl IPS 3
Ket:hadir
Soal:
1.Tuliskan pengertian promosi menurut Busu Swastha dan Ibnu Sukotjo!
2.Apa yang perlu diperhatikan dalam menganalisis laporan?
Jawaban:
1.Menurut Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo (1993: 222) promosi adalah “arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menyebabkan pertukaran dalam pemasaran”.
2.Dalam menganalisis laporan yang perlu diperhatikan hal-hal berikut:
a. Menyimak laporan dengan saksama, sehingga dapat menangkap informasi yang disampaikan secara utuh dan lengkap serta terperinci.
b. Memahami isi laporan dari bentuk, isi, maupun kebahasaan.
c. Menguraikan secara detail atau rinci pokok-pokok isi laporan.
d. Melakukan pengecekan terhadap setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat.
e. Tidak mencampuradukkan antara fakta (yang bersifat objektif) dan opini atau pendapat (yang cenderung bersifat subjektif).
f. Melakukan kajian terhadap kebenaran atau ketepatan hasil laporan tersebut.
g. Memberikan suatu pandangan atau pendapat terhadap laporan berdasarkan suatu teori atau defnisi (referensi).
Waallaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh, Bu...
BalasHapusNama: Maria Ulfah
Kelas' xI IPS 2
Rombel; 2
Soal;
1. Sebelum merencanakan dan menjalankan promosi strategi penjualan, apa yng sebaiknya terlebih dahulu ditentukan?
Jawab; tujuan yang ingin dicapai.
2. Apa definisi dari promosi?
Jawab; Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran dalam hal memasarkan barang atau jasa dari suatu perusahaan.
nama:Ramudi
BalasHapuskelas:xl ips3
ket :hadir
1 apa pengertian promosi
jawab : promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi
perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup
perusahaan serta meningkatkan kualitas penjualan untuk
meningkatkan kegiatan pemasaran dalam hal memasarkam barang atau jasa suatu perusahaan.
2 jelaskan tujuan strategi promosi penjualan
jawab:
Dalam memasarkan sebuah produk tak jarang para pelaku usaha
mengadakan event _event khusus untuk mempromosikan untuk
mempromosikan produk
unggulanya kepada masyarakat.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Bu
BalasHapusNama : Rahmida
Kelas : XI IPS 2
Soal
1. sebutkan 8 cara promosi yang murah tapi tepat sasaran.
a. Mulut ke mulut atau testimonial
b. Promosi melalui jejaring social
c. Loyalty programs
d. Up-selling
e. Mengadakan suatu pameran
f. Blog dan video
g. Stiker promosi di tempat-tempat menunggu
E. Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
2. Apakah yang dimaksud dengan proposal usaha?
Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin kerja sama.
Nama:Suci Ramadani Putri
BalasHapusKelas:XI IPS 3
1.JELASKAN PENGERTIAN PROMOSI!
2.SEBUTKAN BEBERAPA TUJUAN UTAMA MEMPROMOSIKAN SEBUAH PRODUK!
Nama :NELLA SASTI KIRANA
BalasHapusKELAS:XI IPS 3
SOAL
1.Jelaskan pengertian dari promosi
2.Sebutkan manfaat dari kegiatan promosi