PTK TIK SMAN 1 KOTA BESI KOTAWARINGIN TIMUR KALIMANTAN TENGAN: SRI MULYANTI, S.Pd
KESULITAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KOTA BESI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DALAM MEMAHAMI KOMPONEN DASAR DALAM LEMBAR KERJA MICROSORF EXCEL 2007:
COMPLETION ITEM TEST
Oleh :
SRI
MULYANTI, S.Pd
PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KOTA BESI
KOTA BESI
2017
KESULITAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KOTA BESI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DALAM MEMAHAMI KOMPONEN DASAR DALAM LEMBAR KERJA MICROSORF EXCEL 2007:
COMPLETION ITEM TEST
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)
Diajukan Kepada
Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Lulus GTT Provinsi 2018
Oleh :
SRI
MULYANTI, S.Pd
PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KOTA BESI
KOTA BESI
2017
UCAPAN TERIMA KASIH
Segala puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas kasih dan karunia-Nya yang tidak terhingga sehingga PTK yang berjudul “Kesulitan
Peserta didik Kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2016/2017 Dalam
memahami komponen dasar dalam lembar kerja
Microsorf Excel 2007:Completion
Item Test” telah diselesaikan. Penyelesaian ini
dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat lulus sebagai guru tidak tetap
(GTT) SMA di Provinsi Kalimantan Tengah.
Dalam kesempatan ini penulis juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak RAKIMIN SUGIARTO, S.Pd, MM selaku Kepala SMAN 1 Kota Besi, serta Bapak Drs. GUNTAK, MM selaku Pengawas SMA Untuk Provinsi. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada:
1) Bapak ZAZULI RAKHMAN, S.T, atas bantuan yang telah diberikan dalam hal administrasi selama penelitian.
2) Bapak RAKHMAD RONDAM, S.Pd sebagai WAKA Kesiswaan.
3) Ibu SRI LESTARI, S.Pd, sebagai WAKA Sarana Prasarana.
4) Bapak MAHBUB, sebagai Ketua Komite
5) Seluruh siswa dan siswi SMAN 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2016/2017.
6) Bapak dan Ibu Guru dan Staf TU di SMAN 1 Kota Besi.
7) Semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian penelitian ini.
Akhirnya semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi semua pihak.
Kota Besi, April 2017
SRI MULYANTI, S.Pd
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Akhir - akhir ini perkembangan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) sudah sedemikian maraknya. Hampir seluruh instansi atau perusahaan memanfaatkan TIK tersebut. Misalnya saja dalam bidang perekonomian, dapat dilakukan transfer uang antar bank, transaksi jual beli lewat internet, dll. Dalam bidang politik, dapat dilakukan quick count (hitung cepat pemilu) dimana data perolehan suara dikirim melalui SMS gateway dan data diolah dengan bantuan database. Bidang pendidikan pun tidak luput dari perkembangan TIK tersebut.
TIK dapat diterapkan dalam mencatat nilai peserta didik dan mem-publish-nya. Selama ini guru mencatat nilai peserta didik secara manual. Untuk nilai ulangan harian, nilai UTS maupun nilai UAS. Setelah itu guru tersebut menghitung rata-ratanya keseluruhan sebagai nilai akhir.
Tentunya akan lebih bijak jika kita mengurangi beban guru dengan membiarkan teknologi yang bekerja sehingga guru hanya perlu memasukkan nilai tersebut ke suatu instrumen TIK dan instrumen tersebut yang akan mengolah nilai akhir sehingga kesalahan akibat perhitungan manusia akan berkurang dan guru akan lebih nyaman dalam bekerja. Selain itu nilai yang sudah dimasukkan dapat langsung di-publish melalui situs sekolah sehingga semua proses penghitungan nilai peserta didik dapat diolah secara transparan. Peserta didik juga dapat melihat nilainya kapan saja dan dimana saja.
Perkembangan zaman yang semakin pesat menimbulkan banyak permasalahan dalam dunia pendidikan. Hal ini dapat kita lihat dari semakin berkembangnya persaingan global yang melibatkan pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan serta sekolah beserta tenaga pendidik dan peserta didik. Semakin tinggi dan pesat perkembangan zaman maka semakin tinggi pula kebutuhan dunia pendidikan untuk berkembang mengikuti perkembangan zaman. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan memanfaatkan Teknologi Komunikasi dan Komunikasi (TIK).
Dengan semakin berkembangnya manusia, berkembanglah pula ilmu pengetahuan dan teknologi di segala bidang. Itu semua mengharuskan pendidikan menyesuaikan langkahnya jika ingin tetap relevan. Hal itu menjadikan pendidikan menjadi kian mahal, satu kenyataan yang sering kurang disadari oleh banyak orang. Di lain pihak berkembangnya umat manusia mendorong makin banyak orang untuk maju dan tak mau tertinggal. Dan mereka semua memerlukan pendidikan yang lebih baik.Akibatnya, baik faktor kualitas maupun kuantitas pendidikan tidak dapat bisa diabaikan. Pendidikan harus diselenggarakan secara bermutu dan adil merata bagi seluruh rakyat. Maka, pendidikan yang sudah mahal, karena harus mencapai kualitas, menjadi semakin mahal karena harus melayani pula kuantitas.
Meskipun demikian peranan TIK dianggap sangat penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan suatu bangsa merupakan tolak ukur kemampuan suatu bangsa. Oleh karena itu, pemanfaatan TIK dihararapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan kita. Salah satu cara pemanfaatan TIK adalah melalui pembelajaran di kelas yang berbasis teknologi dan informasi. Guru sebagai tenaga pengajar yang profesional harus tahu dan paham akan pentingnya TIK dalam pembelajaran pada saat ini.
Profesionalisme dalam pendidikan tidak lain ialah seperangkat fungsi dan tugas dalam lapangan pendidikan berdasarkan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan khusus di bidang pekerjaan yang mampu menekuni bidang profesinya selama hidupnya. Mereka itu adalah para guru yang profesional yang memiliki kompetensi keguruan berkat pendidikan atau latihan di lembaga pendidikan guru dalam jangka waktu tertentu. Diharapkan dengan pemanfaatan TIK ini guru dapat meningkatkan profesionalisme dalam mengajar dan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain,
1.
Membuat sebuah laporan keuangan
2. Membuat Daftar Nilai
3. Membuat daftar hadir
4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
5. Menghitung Kurs Mata Uang
6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7. Membuat
diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10.Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat
Karena, Microsorf Excel dapat:
1. Menemukan dengan cepat pola dalam data
2. Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat
3. Kita dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja
4. Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit
spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang
berbeda.
5.The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi
inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat
manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.
Untuk mengungkap kesulitan tersebut, pada penelitian ini digunakan tes bentuk melengkapi. Menurut Sudijono (1995:116-118) dan Nawawi (1991:149) tes melengkapi memiliki keunggulan, yaitu kalimat yang digunakan tidak berbelit-belit, tepat sasaran (indikator), jelas, singkat (praktis) dengan waktu yang maksimal. Selain itu teks dapat dibuat berlainan satu dengan yang lain, mudah dalam penyusunannya, menghemat tempat (kertas), bahan cukup banyak dan beragam sehingga persyaratan komprehensif dapat dipenuhi, dapat digunakan untuk mengukur berbagai taraf kompetensi, serta tidak sekedar mengungkap taraf pengenalan dan hafalan saja.
|
Masalah yang diteliti adalah ” “Bagaimana menjelaskan kesulitan yang
dihadapi peserta didik kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2016/2017
Dalam memahami komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007 ?”.
Kesulitan ini diungkap dengan menggunakan tes bentuk melengkapi (completion item test) tentang Komponen Dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007 yang dikembangkan dalam penelitian ini.
1.3 Batasan Masalah
Masalah dibatasi pada kesulitan yang dihadapi peserta didik kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun pelajaran 2016/2017 Dalam memahami komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007 yang meliputi kemampuan peserta didik dalam:
1. Mendefinisikan dan menjelaskan tentang aplikasi program Microsorf Excel 2007
2. Mendefinisikan dan menjelaskan istilah workbook dan worksheet
3. Mendefinisikan dan menjelaskan komponen sel dan kolom
4. Mendefinisikan dan menjelaskan istilah-istilah dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007.
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesulitan yang dihadapi peserta didik kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun pelajaran 2016/2017 Dalam memahami komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007, yang meliputi kemampuan dalam:
1. Mendefinisikan dan menjelaskan tentang aplikasi program Microsorf Excel 2007
2. Mendefinisikan dan menjelaskan istilah workbook dan worksheet
3. Mendefinisikan dan menjelaskan komponen sel dan kolom
4. Mendefinisikan dan menjelaskan istilah-istilah dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007.
5.1 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah:
1. Menjadi bahan pertimbangan dan masukkan bagi para pendidik dalam rangka pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
2. Memberikan manfaat yang informasi kepada guru-guru TIK yang mengajar kelas XI SMA tentang kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam memahami komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007.
3. Menjadi salah satu dasar pemikiran bagi para peneliti selanjutnya.
1.5 Asumsi Penelitian
Penelitian ini dilandasi dengan asumsi-asumsi sebagai berikut:
a. Peserta didik telah mendapat pelajaran tentang komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007, baik dari guru maupun belajar sendiri melalui buku-buku penunjang.
b. Siswa mengerjakan tes dan mentaati petunjuk pelaksanaan tes, sehingga jawaban yang diberikan oleh siswa mencerminkan pemahaman terhadap komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Tes Bentuk Melengkapi (Completion Item Test)
Menurut Sudijono (1995:116-118) dan Nawawi (1991:149), tes melengkapi tersusun berupa kalimat-kalimat pernyataan yang dihilangkan satu atau dua kata penting (kunci) dan diganti dengan titik-titik. Keunggulannya yaitu: kalimat yang digunakan tidak berbelit-belit, tepat sasaran (indikator), jelas, singkat (praktis). Selain itu, teks dapat dibuat berlainan satu dengan yang lain, mudah dalam penyusunannya, menghemat tempat (kertas), bahan cukup banyak dan beragam sehingga persyaratan komprehensif dapat dipenuhi, dapat digunakan untuk mengukur berbagai taraf kompetensi serta tidak sekedar mengungkap taraf pengenalan saja. Kelemahan tes ini, cenderung hanya untuk mengungkap daya ingat atau aspek hapalan saja, dapat terjadi item tes ini kurang relevan untuk diujikan dan kurang hati-hati dalam pembuatan soal (asal jadi).
2.2 Microsorf Excel 2007
Pengenalan Dasar Microsoft Office Excel 2007
Sebelum memulai Microsoft Office Excel 2007 sebaiknya anda mengenal
terlebih dahulu istilah-istilah yang terdapat pada Microsoft Office Excel
2007 seperti worksheet, sheet, workbook.
Worksheet
atau biasa disebut juga lembar kerja yaitu sebuah lembaran kertas kerja yang
terdiri dari baris dan kolom atau istilah populernya juga disebut spreadsheet,
dalam sebuah worksheet terdiri dari 16.384 kolom (A – XFD) dan
1.048.576 baris (1 – 1.048.576). Sheet adalah lembar atau halaman-halaman
dari worksheet. Workbook adalah kumpulan dari beberapa worksheet.
Perpotongan antara baris dengan kolom disebut sebagai cell. Cell diberi nama menurut atas posisi kolom dan baris, sebagai contoh pada gambar.1 di bawah merupkan cell A1, berarti kolom A baris 1. Sedangkan kumpulan sel disebut sebagai range, cara menggunakannya cukup dengan menggunakan mouse, kegunaan range digunakan untuk memblok data yang akan dipilih selanjutnya menghapus, mengedit, memindahkan ataupun meng-copy data.
1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Excel 2007
Untuk menjalankan Program Aplikasi Microsoft Office Excel 2007 melalui menu program, dengan langkah sebagai berikut :
- Klik tombol Start yang ada di taskbar
- Pilih menu All Program
- Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office lalu klik program aplikasi Microsoft Office Excel 2007, tunggu sampai program aplikasi yang anda pilih ditampilkan.
2. Tampilan Jendela Microsoft Office Excel 2007
Agar dapat menggunakan program – program aplikasi Microsoft Office Excel 2007 secara optimal, sebaiknya mengenal terlebih dahulu beberapa elemen dasar dari program Microsoft Office Excel 2007, seperti telihat pada gambar di bawah ini :
Gambar.1
Keterangan :
- Quick Acces Toolbar, merupakan toolbar yang menampilkan beberapa tombol-tombol pintas untuk memanggil beberapa perintah agar lebih cepat dalam penggunaannya.
- Title Bar, berisi nama file yang sedangdibuka diikuti nama aplikasinya, dalam hal ini Microsoft Excel.
- Office Button, tombol uyang berisi sebuah menu pull down, disini terdapat beberapa perintah , diantaranya : New, Open, Save, Save As, Print, dll.
- Ribbon, semacam toolbar berisi tombol-tombol pintas untuk mengerjakan berbagai pekerjaan.
- Cell Name Box, kotak yang digunakan untuk menuliskan atau menampilkan nama sel.
- Formula Bar, papan yang digunakan untuk menuliskan atau menempilkan formula yang terdapat dalam cell.
- Cell, pertemuan antara baris dengan kolom.
- Scroll, berguna untuk menggulung lembar kerja baik keatas maupun kebawah.
- Navigasi, digunakan untuk melakukan navigasi antar sheet.
- Tab, yang berisi dari beberapa sheet, untuk kemudahan dalam memilih sheet.
- View Mode, digunakan untuk mengatur mode tampilan.
- Zoom Slider, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatau tampilan.
Dari Dasar Spreadsheet Hingga Database Sederhana
Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yangdikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasadikenal dengan istilah spreadsheet program. Excel biasa identik dengan pengolahan angka, dengan menggunakan Excel kita dapat membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerjaakuntansi, dan masih banyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka. Selain itu lembar kerja Excel juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar. Pengolahandatabase sederhana juga dimungkinkan dalam aplikasi Microsoft Excel 2007.
BAB III
METODE DAN PROSEDUR
3.1. Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan menguraikan atau mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sebagaimana adanya. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka yang dideskripsikan adalah kesulitan yang dihadapi peserta didik kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun pelajaran 2016/2017 Dalam memahami komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007.
3.2 Populasi dan Sampel Penelitian
3.2.1 Populasi
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2016/2017 yang telah menerima materi pelajaran Microsorf Excel 2007 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah total 88 peserta didik.
3.2.2 Sampel
Penentuan sampel berdasarkan jumlah lembar jawaban yang kembali. Artinya, seluruh peserta didik kelas XI (selain kelas ujicoba) diberikan kesempatan untuk mengikuti Tes Melengkapi Microsorf Excel (TMME). Berdasarkan ketentuan ini jumlah peserta didik yang menjadi sampel penelitian sebanyak 88 orang dari 88 peserta didik. Artinya, peserta didik yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 % dari sampel target.
|
3.3 Prosedur Pengumpulan dan Pengolahan Data
Data penelitian ini dijaring menggunakan tes tertulis bentuk completion item test yang disebut Tes Melengkapi komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007. Tes melengkapi komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007 dibagikan pada hari Selasa, tanggal 04 April 2017, jam 12.00-12.45 WIB di kelas XI IPA; hari Rabu, tanggal 05 April 2017, jam 12.00-12.45 WIB di kelas XI IPS 3; hari Sabtu, tanggal 08 April 2017, jam 07.00-08. 15 WIB di kelas XI IPS 2; hari Sabtu, tanggal 08 April, jam 10.15-11.00 WIB di kelas XI IPS 1. Pada saat peserta didik mengerjakan tes diawasi oleh guru TIK yang mengajar di kelas XI SMAN 1 Kota Besi. Jumlah seluruh peserta didik yang mengikuti tes sebanyak 88 orang dan yang mengembalikan lembar hasil tes sebanyak 88 peserta didik.
Hasil pekerjaan peserta didik diolah melalui dua cara yaitu penskoran dan pengelompokan. Penskoran dilakukan dengan cara memberi skor 1 (satu) untuk jawaban benar dan skor 0 (nol) untuk jawaban salah dan tidak memberikan jawaban. Pengelompokan dilakukan dengan cara mendaftar ragam jawaban salah peserta didik yang memiliki kesamaan redaksi dari setiap butir soal yang mewakili konsep-konsep yang ada dalam menjawab soal-soal mengenai komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007.
3.4 Instrumen Penelitian
3.4.1 Pengembangan Instrumen
Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes bentuk melengkapi kalimat completion item test sebanyak 23 kata kunci. Wacana tentang komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007 diadopsi dari buku paket untuk SMA ditulis oleh Andi Purnomo.
Indikator kemampuan peserta didik dalam menjelaskan komponen dasar dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007 disusun seperti pada Tabel 3.1 berikut:
Tabel 3.1 Indikator Kemampuan Peserta Didik dalam Menjelaskan Komponen Dasar Dalam Lembar Kerja Microsorf Excel 2007
No. |
Konsep |
Indikator |
Item Soal |
1 |
Program Microsorf Excel 2007 |
1. Kemampuan mendefinisikan dan menjelaskan tentang aplikasi program Microsorf Excel 20072. Kemampuan mendefinisikan dan menjelaskan istilah workbook dan worksheet3. Kemampuan mendefinisikan dan menjelaskan komponen sel dan kolom4. Kemampuan mendefinisikan dan menjelaskan istilah-istilah dalam lembar kerja Microsorf Excel 2007. |
1 s/d 3
4 s/d 7
8 s/d 14
15 s/d 23 |
Sebelum TME ini digunakan untuk mengambil data terlebih dahulu divalidasi oleh dua orang validator (satu orang kepala sekolah dan satu orang guru SMA yang bersangkutan). Selanjutnya, dilakukan ujicoba kepada siswa untuk mengetahui reliabilitas tes, serta daya beda, dan tingkat kesukaran butir tes.
Allen & Yen (dalam Sidauruk, 1995:34) berpendapat bahwa indeks tingkat kesukaran yang ideal sebesar 0,3-0,7. Tingkat kesukaran (Tk) dihitung dengan menggunakan rumus:
![]() |
Keterangan:
N = ½ jumlah peserta didik kelompok atas + kelompok bawah
Smin, smax = skor minimal, skor maksimal
TA, TB = kelompok atas, kelompok bawah
Oller (1979) berpendapat bahwa indeks daya beda ideal adalah minimal 0,25. Daya beda dihitung menggunakan rumus:
Keterangan:
N = Jumlah peserta didik kelompok atas + kelompok bawah
Penentuan reliabilitas menggunakan formula Kuder Richardson. Kuder dan Richardson berpendapat bahwa cara penentuan reliabilitas tes lebih tepat apabila dilakukan secara langsung terhadap setiap item tes yang bersangkutan. Alasan menggunakan KR–21 karena proses perhitungannya relatif lebih sederhana/lebih mudah.
3.5 Teknik Analisa Data
Data dianalisis secara deskriptif dengan tahapan sebagai berikut:
1. Memberi skor 1 (satu) untuk jawaban benar, skor 0 (nol) untuk jawaban salah dan tidak memberikan jawaban.
2. Memberikan rerata skor butir soal dan rerata skor topik dengan cara:
Rerata Butir Soal =
Rerata
Skor Topik =
3. Mengelompokan jawaban peserta didik dengan cara mendaftar ragam jawaban salah peserta didik yang memiliki kesamaan redaksi dari setiap butir soal yang mewakili konsep-konsep yang ada dalam menjawab soal-soal mengenai Komponen Dasar Dalam Lembar Kerja Microsorf Excel 2007.
3.6 Ujicoba Instrumen
Sebelum dilakukan ujicoba, TME terlebih dahulu divalidasi terhadap isi tes menyeluruh, diperoleh nilai rata-rata 1,75 (baik). Artinya, butir soal sesuai dengan tujuan dan layak untuk ujicoba. Ujicoba dilaksanakan pukul 07.00 WIB, hari Sabtu, 18 Maret 2017 di kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 23 orang. Dari hasil ujicoba diperoleh harga rata-rata indeks tingkat kesukaran dan daya beda berturut-turut sebesar 0,305, 0,411. Data ini menjelaskan bahwa tingkat kesukaran dan daya beda TME merupakan kriteria ideal. Harga koefisien reliabilitas tes (KR-21) sebesar 0,608, harga ini dikriteriakan cukup baik. Artinya, TME layak digunakan untuk mengambil data.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Pelaksanaan Penelitian
Pengambilan data dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 04 April 2017, jam 12.00-12.45 WIB di kelas XI IPA; hari Rabu, tanggal 05 April 2017, jam 12.00-12.45 WIB di kelas XI IPS 3; hari Sabtu, tanggal 08 April 2017, jam 07.00-08. 15 WIB di kelas XI IPS 2; hari Sabtu, tanggal 08 April, jam 10.15-11.00 WIB di kelas XI IPS 1. Pada saat peserta didik mengerjakan tes diawasi oleh guru TIK yang mengajar di kelas XI SMAN 1 Kota Besi. Jumlah seluruh peserta didik yang mengikuti tes sebanyak 88 peserta dan yang mengembalikan lembar hasil tes sebanyak 88 peserta.
4.2 Profil Kemampuan Peserta Didik
Pada kurikulum berbasis kompetensi 2004, peserta didik digolongkan berhasil dalam mata pelajaran tertentu bila mampu menguasai ³ 0,65 materi pelajaran tersebut, Berdasarkan ketetapan ini maka secara umum penguasaan peserta didik terhadap materi lembar kerja Microsorf Excel 2007 yang diujikan dikategorikan berhasil. Artinya, sebagian besar peserta didik berhasil dalam menguasai materi yang diujikan.
Rincian jumlah butir soal serta skor rata-rata setiap topik materi Microsorf Excel 2007 dapat dilihat pada Tabel 4.1 berikut:
|
Tabel 4.1 Rincian Jumlah Butir Soal dan Skor Rata-rata Peserta Didik
Topik |
Butir soal |
Jumlah Peserta Didik yang Menjawab Benar (%) |
Jumlah Peserta Didik yang Menjawab Salah (%) |
|
1 |
Program Microsorf Excel 2007 |
1 2 3 |
100* 86,61* 70,87* |
0 13,39 29,13 |
Rata-Rata |
85,83 |
14,17 |
||
2
|
Workbook
|
4 5 6 7 |
69,29* 69,29* 70,08* 48,82 |
30,71 30,71 29,92 51,18 |
Rata-Rata |
64,55 |
35,63 |
||
3 |
Sel |
8 9 10 11 12 13 14 |
80,32* 55,12 37,80 42,52 36,22 23,44 45,23 |
19,68 44,88 62,20 57,48 63,78 76,56 54,77 |
Rata-Rata |
54,19 |
45,81 |
||
4 |
Toolbar |
15 16 17 18 19 20 21 22 23 |
100* 100* 90,55* 56,64 34,54 23,24 54,23 43,22 44,21 |
0 0 9,45 43,36 65,46 76,76 45,77 56,78 55,79 |
Rata-Rata |
60,74 |
39,26 |
||
Total Rata-rata Total |
265,31 66,28 |
134,87 33,72 |
Keterangan: *) untuk jumlah peserta didik yang menjawab benar skor di atas ideal
Dari Tabel 4.1 di atas diketahui bahwa sebagian topik termasuk dalam kategori mudah dipahami oleh peserta didik. Skor nilai untuk setiap butir soal (Topik 1: butir soal 1, 2, dan 3; Topik 2: butir soal 4, 5, dan 6; Topik 3: butir soal 8; Topik 4: butir soal 15, 16, dan 17 yang berada di bawah skor ideal (selain *) dibahas pada sub selanjutnya.
4.3 Indentifikasi Kesulitan Peserta Didik pada Setiap Topik
Kemampuan peserta didik dalam memahami Sifat-sifat Periodik Unsur pada penelitian ini meliputi: kemampuan mendefinisikan dan menjelaskan program microsorf Excel 2007, kemampuan mendefinisikan dan menjelaskan workbook, kemampuan mendefinisikan dan menjelaskan sel , kemampuan mendefinisikan dan menjelaskan komponen- komponen dalam lembar kerja microsorf Excel 2007
4.3.1 Topik 1 (Mendefinisikan dan Menjelaskan program Microsorf Excel 2007)
Kemampuan peserta didik dalam mendefinisikan dan menjelaskan program Microsorf Excel 2007 ditelurusi dengan 3 butir soal (butir soal 1, 2, dan 3 ), jawaban yang benar (yang digaris bawahi) untuk Topik 1 adalah:
“Microsorf Excel adalah salah satu paket program Microsorf office yang dilengkapi dengan fasilitas kemampuan mengolah (1)data statistik walaupun dalam bentuk statistic sederhana, misalnya menentukan jumlah total keseluruhan, menentukan nilai rata-rata, menentukan nilai tertinggi, nilai terendah dan menghitung banyak data dari sebuah deret data. Perangkat lunak ini menayangkan sejumlah sel yang secara kesatuan membentuk grid yang terdiri dari (2)kolom dan baris. Setiap sel dapat berisi huruf teks atau angka. Sel tersebut dapat juga berisi (3)rumus yang mendefinisikan suatu perhitungan matematis berdasarkan isi sel lain atau kombinasi dari banyak sel yang dapat di-update setiap waktu. Program pengolah angka sering digunakan untuk pengolahan data keuangan. Program ini mampu memperbarui hitungan pada seluruh sel yang ada di lembaran begitu satu sel diubah nilainya.”
Ragam jawaban salah peserta didik dapat dilihat pada Tabel 4.2 berikut:
Tabel 4.2 Daftar Ragam Jawaban Salah Peserta Didik (Topik 1)
Butir Soal |
Daftar |
Ragam Jawaban Salah Peserta Didik |
Frekuensi |
% |
2 |
1 2 3 4 5 |
Sel Kolom Sel dan kolom Tidak dijawab Range |
1 2 2 3 3 |
9,09 18,18 18,18 27,27 27,27 |
|
Jumlah |
11 |
|
|
3 |
1 2 3 |
Tidak dijawab Nilai Jumlah |
1 4 8 |
7,69 30,77 61,54 |
|
Jumlah |
13 |
|
Hasil penelitian menyatakan 14,17 % peserta didik gagal dalam menjawab Topik 1. Berdasarkan Tabel 4.1, pola jawaban salah yang dominan dilakukan peserta didik dalam memahami program Microsorf Excel 2007 adalah sebagai berikut:
“Microsorf Excel adalah salah satu paket program Microsorf office yang dilengkapi dengan fasilitas kemampuan mengolah (1) Data statistik walaupun dalam bentuk statistic sederhana, misalnya menentukan jumlah total keseluruhan, menentukan nilai rata-rata, menentukan nilai tertinggi, nilai terendah dan menghitung banyak data dari sebuah deret data. Perangkat lunak ini menayangkan sejumlah sel yang secara kesatuan membentuk grid yang terdiri dari (2)range. Setiap sel dapat berisi huruf teks atau angka. Sel tersebut dapat juga berisi (3)Jumlah yang mendefinisikan suatu perhitungan matematis berdasarkan isi sel lain atau kombinasi dari banyak sel yang dapat di-update setiap waktu. Program pengolah angka sering digunakan untuk pengolahan data keuangan. Program ini mampu memperbarui hitungan pada seluruh sel yang ada di lembaran begitu satu sel diubah nilainya.”
Berdasarkan pola jawaban di atas peserta didik mempersepsikan pengertian data secara bertukar. Jawaban peserta didik benar pada butir soal 1, karena peserta didik berpikir program Microsorf Excel mampu mengolah hasil . Namun jawaban yang sebenarnya adalah Microsorf Excel merupakan program yang mampu mengolah data, karena dari data tersebutlah maka akan di peroleh hasil.
4.3.2 Topik 2 (Mendefinisikan dan Menjelaskan istilah workbook)
Kemampuan peserta didik dalam mendefinisikan dan menjelaskan tentang istilah komponen workbook ditelusuri dengan 4 butir soal (butir soal 4, 5, 6, dan 7), jawaban yang benar (yang digaris bawahi) untuk Topik 2 adalah:
“(4)Rumus operator adalah rumus yang digunakan untuk melakukan bentuk penghitungan matematika, misalnya penjumlahan, perkalian, pembagian, pengurangan. Selain itu, microsorf Excel juga dilengkapi dengan kemampuan mengolah data berbentuk tabel menjadi (5)grafik. Jika kita membuka program aplikasi microsorf excel 2007, maka akan muncul tampilan layar berupa (6)workbook yang merupakan file microsorf excel yang berupa tiga worksheet atau lebih. (7)Worksheet adalah lembar kerja yang digunakan untuk pengolahan dan pengorganisasian data”
Ragam jawaban salah peserta didik dapat dilihat pada Tabel 4.3 berikut:
Tabel 4.3 Daftar Ragam Jawaban Salah Peserta Didik (Topik 2)
Butir Soal |
Daftar |
Ragam Jawaban Salah Peserta Didik |
Frekuensi |
% |
4 |
1 2 3 4 |
Data Rumus logika Rumus fungsi Tidak dijawab |
1 6 9 11 |
3,70 22,20 33,30 40,70 |
|
Jumlah |
27 |
|
|
5 |
1 2 3 4 |
Tabel Picture Tidak dijawab Diagram |
3 4 10 10 |
11,10 14,80 37,00 37,00 |
|
Jumlah |
27 |
|
|
6 |
1 2 3 4 |
Sheet Tidak dijawab Sel Worksheet |
1 2 10 13 |
3,85 7,70 38,50 50,05 |
|
Jumlah |
26 |
|
|
7 |
1 2 3 4 |
Book1 Range Workbook Tidak dijawab |
3 5 18 19 |
6,66 11,10 39,96 42,18 |
|
Jumlah |
45 |
|
Hasil penelitian menyatakan 35,63% peserta didik gagal dalam menjawab Topik 2. Berdasarkan Tabel 4.1, pola jawaban salah yang dominan dilakukan peserta didik dalam memahami komponen workbook adalah sebagai berikut:
(4)Rumus fungsi adalah rumus yang digunakan untuk melakukan bentuk penghitungan matematika, misalnya penjumlahan, perkalian, pembagian, pengurangan. Selain itu, microsorf Excel juga dilengkapi dengan kemampuan mengolah data berbentuk tabel menjadi (5)diagram. Jika kita membuka program aplikasi microsorf excel 2007, maka akan muncul tampilan layar berupa (6)worksheet yang merupakan file microsorf excel yang berupa tiga worksheet atau lebih. (7)Workbook adalah lembar kerja yang digunakan untuk pengolahan dan pengorganisasian data.
Secara teori Worksheet atau biasa disebut juga lembar kerja yaitu sebuah lembaran kertas kerja yang terdiri dari baris dan kolom atau istilah populernya juga disebut spreadsheet, dalam sebuah worksheet terdiri dari 16.384 kolom (A – XFD) dan 1.048.576 baris (1 – 1.048.576). Sheet adalah lembar atau halaman-halaman dari worksheet. Workbook adalah kumpulan dari beberapa worksheet.
4.3.3 Topik 3 (Mendefinisikan dan Menjelaskan tentang Elemen Column dan Cell)
Kemampuan peserta didik dalam mendefinisikan dan menjelaskan tentang sel ditelusuri dengan 7 butir soal (butir soal 8, 9, 10, 11, 12, 13, dan 14). Jawaban yang benar (yang digaris bawahi) untuk Topik 3 adalah:
“(8)Column (kolom) deretan nama baris terletak dibagian samping kiri worksheet dan sering disebut juga kepala kolom ((9)column heading). Judul kepala baris ditandai dengan angka 1 sampai angka (10)65536. (11)Cell (sel) merupakan media penempatan data yang ditunjuk oleh perpotongan antara kolom dan baris, dengan perpotongan antara kolom dan baris ini akan dapat diketahui alamat selnya. Misalnya posisi pointer berada di kolom B dan baris 3, maka alamat selnya adalah (12)B3. Gabungan dari bebarapa sel dinamakan (13)Range. (14)Sheet adalah kumpulan sel yang merupakan lembar kerja dari masing-masing workbook.”
Ragam jawaban salah peserta didik dapat dilihat pada Tabel 4.4 berikut:
Tabel 4.4 Daftar Ragam Jawaban Salah Siswa ( Topik 3 )
Butir Soal |
Daftar |
Ragam Jawaban Salah Siswa |
Frekuensi |
% |
||
8 |
1 2 3 |
Tidak dijawab cell sel |
1 7 9 |
5,88 41,18 52,92 |
||
|
Jumlah |
17 |
|
|||
9 |
1 2 3 |
Tidak dijawab Cell Column |
7 8 24 |
17,92 20,48 61,44 |
||
|
Jumlah |
39 |
|
|||
10 |
1 2 3 4 5 |
Tidak dijawab 6536 6556 225 3 |
3 8 10 10 24 |
5,46 5,46 18,20 18,2 43,68 |
||
|
Jumlah |
55 |
|
|||
11 |
1 2 3 4 |
Column heading column Tidak dijawab Range |
2 3 21 25 |
3,92 5,88 41,16 49,00 |
||
|
Jumlah |
51 |
|
|||
12 |
1 2 3 |
B Tidak dijawab Sel |
4 18 34 |
7,12 32,04 60,52 |
||
|
Jumlah |
56 |
|
|||
13 |
1 2 3 4 |
Tidak dijawab Sel Cell Column |
3 10 24 30 |
4,47 14,90 35,76 44,70 |
||
|
Jumlah |
67 |
|
|||
14 |
1 2 3 4 |
Tidak dijawab Range Sel Column |
5 8 15 20 |
10,40 16,64 31,20 41,60 |
||
|
Jumlah |
48 |
|
|||
Hasil penelitian menyatakan 45,81% siswa gagal dalam menjawab Topik 3. Berdasarkan Tabel 4.1, Pemahaman siswa tentang kolom dan sel di bawah skor ideal dikarenakan peserta didik cendrung menukar arti antara kolom dengan sel, demikian pula sebaliknya. Untuk Topik 3, pola jawaban salah yang dominan dilakukan peserta didik dalam memahami kolom dan sel adalah sebagai berikut:
(8)sell (kolom) deretan nama baris terletak dibagian samping kiri worksheet dan sering disebut juga kepala kolom ((9)column ). Judul kepala baris ditandai dengan angka 1 sampai angka (10)6556. (11)Cell (sel) merupakan media penempatan data yang ditunjuk oleh perpotongan antara kolom dan baris, dengan perpotongan antara kolom dan baris ini akan dapat diketahui alamat selnya. Misalnya posisi pointer berada di kolom B dan baris 3, maka alamat selnya adalah (12)B. Gabungan dari bebarapa sel dinamakan (13)column. (14)range adalah kumpulan sel yang merupakan lembar kerja dari masing-masing workbook.
Perpotongan antara baris dengan kolom disebut sebagai cell. Cell diberi nama menurut atas posisi kolom dan baris, sebagai contoh pada gambar.1 di bawah merupkan cell A1, berarti kolom A baris 1. Sedangkan kumpulan sel disebut sebagai range, cara menggunakannya cukup dengan menggunakan mouse, kegunaan range digunakan untuk memblok data yang akan dipilih selanjutnya menghapus, mengedit, memindahkan ataupun meng-copy data.
4.3.4 Topik 4 (Mendefinisikan dan Menjelaskan istilah-istilah dalam lembar kerja Microsorf Excel)
Kemampuan peserta didik dalam mendefinisikan dan menjelaskan istilah- istilah dalam lembar kerja Microsorf Excel ditelusuri dengan 9 butir soal (butir soal 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, dan 23 ), jawaban yang benar (yang digaris bawahi) untuk Topik 4 adalah:
“Bagian-bagian elemen pada jendela Microsorf Excel 2007 yaitu: (15)Title bar adalah baris judul yang memberikan informasi tentang program dan file yang sedang aktif. (16)Baris menu (menu bar) adalah baris yang berisi kumpulan menu (17)perintah utama yang masih mempunyai sub menu perintah dibawahnya menu tersebut dapat diaktifkan dengan menggunakan klik mouse atau keyboard dengan (Alt)+ tombol kunci menu. (18)Standard toolbar berisi tombol-tombol perintah yang umum sering dipakai, seperti menyalin, menyimpan, mencetak dan lain-lain. (19)Formatting toolbar adalah balok yang berisi tombol-tombol yang sering digunakan dalam memformat lembar kerja. (20)Name box adalah kotak petunjuk alamat sel pointer yang aktif. (21)Formula bar merupakan kotak yang menampilkan nilai data atau rumus yang terdapat dalam sebuah sel aktif. (22)Scrool bar merupakan baris penggulung untuk menggulung layar ke atas –bawah atau ke kiri-kanan. (23)Task pane adalah jendela kecil yang memuat daftar perintah yang biasa digunakan dengan task pane ini kita dapat menggunakan perintah-perintah tersebut sambil tetap bekerja dilembar kerja.”
Ragam jawaban salah peserta didik dapat dilihat pada Tabel 4.5 berikut:
Tabel 4.5 Daftar Ragam Jawaban Salah Peserta Didik (Topik 4)
Butir Soal |
Daftar |
Ragam Jawaban Salah Peserta Didik |
Frekuensi |
% |
17 |
1 2 |
Tidak dijawab Menu utama |
1 7 |
12,50 87,50 |
|
Jumlah |
8 |
|
|
18 |
1 2 3 4 |
Tidak dijawab Toolbar Formula bar Standar tolbar |
1 11 12 14 |
2,63 28,93 31,56 36,82 |
|
Jumlah |
38 |
|
|
19 |
1 2 3 4 5 |
Formating tolbar Formula bar Tidak dijawab Toolbar Standard toolbar |
3 7 8 18 22 |
5,17 12,04 13,76 30,96 37,84 |
|
Jumlah |
58 |
|
|
20 |
1 2 3 4 |
Formula bar Task pane Nama box Tidak dijawab |
1 4 27 35 |
1,49 5,96 40,23 52,15 |
|
Jumlah |
67 |
|
|
21 |
1 2 |
Menu formula Task pane |
18 22 |
45 55 |
Jumlah |
40 |
|
||
22 |
1 2 3 |
Formula bar Shoolbar Scroll bar |
1 24 25 |
2 48 50 |
|
Jumlah |
50 |
|
|
23 |
1 2 3 |
Taspane Tidak dijawab Task pan |
3 18 28 |
6,12 36,72 57,12 |
|
Jumlah |
49 |
|
Hasil penelitian menyatakan 39,26% peserta didik gagal dalam menjawab Topik 4. Berdasarkan uraian di atas kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah peserta didik memahami formatting toolbar, formula bar, perintah utama, dan task pane secara dipertukarkan. Penyebab lainnya peserta didik juga cendrung kurang teliti dalam penulisan istilah-istilah tersebut.
“Bagian-bagian elemen pada jendela Microsorf Excel 2007 yaitu: (15)Title bar adalah baris judul yang memberikan informasi tentang program dan file yang sedang aktif. (16)Baris menu (menu bar) adalah baris yang berisi kumpulan menu (17) menu utama yang masih mempunyai sub menu perintah dibawahnya menu tersebut dapat diaktifkan dengan menggunakan klik mouse atau keyboard dengan (Alt)+ tombol kunci menu. (18)Standar tolbar berisi tombol-tombol perintah yang umum sering dipakai, seperti menyalin, menyimpan, mencetak dan lain-lain. (19)Formatting toolbar adalah balok yang berisi tombol-tombol yang sering digunakan dalam memformat lembar kerja. (20)Name box adalah kotak petunjuk alamat sel pointer yang aktif. (21)Formula bar merupakan kotak yang menampilkan nilai data atau rumus yang terdapat dalam sebuah sel aktif. (22)Scroll merupakan baris penggulung untuk menggulung layar ke atas –bawah atau ke kiri-kanan. (23)Task pan adalah jendela kecil yang memuat daftar perintah yang biasa digunakan dengan task pane ini kita dapat menggunakan perintah-perintah tersebut sambil tetap bekerja dilembar kerja.”
Secara teori elemen-elemen penyusun lembara kerja misrosorf excel 2007 antara lain :
- Quick Acces Toolbar, merupakan toolbar yang menampilkan beberapa tombol-tombol pintas untuk memanggil beberapa perintah agar lebih cepat dalam penggunaannya.
- Title Bar, berisi nama file yang sedangdibuka diikuti nama aplikasinya, dalam hal ini Microsoft Excel.
- Office Button, tombol uyang berisi sebuah menu pull down, disini terdapat beberapa perintah , diantaranya : New, Open, Save, Save As, Print, dll.
- Ribbon, semacam toolbar berisi tombol-tombol pintas untuk mengerjakan berbagai pekerjaan.
- Cell Name Box, kotak yang digunakan untuk menuliskan atau menampilkan nama sel.
- Formula Bar, papan yang digunakan untuk menuliskan atau menempilkan formula yang terdapat dalam cell.
- Cell, pertemuan antara baris dengan kolom.
- Scroll, berguna untuk menggulung lembar kerja baik keatas maupun kebawah.
- Navigasi, digunakan untuk melakukan navigasi antar sheet.
- Tab, yang berisi dari beberapa sheet, untuk kemudahan dalam memilih sheet.
- View Mode, digunakan untuk mengatur mode tampilan.
- Zoom Slider, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatau tampilan.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan
Dari hasil penelitian kemampuan peserta didik dalam mendefinisikan dan menjelaskan istilah-istilah dalam lembar kerja Microsorf Excel yang diungkap dengan tes melengkapi diperolah kesimpulan:
1. Peserta didik yang mengalami kesulitan secara total sebesar 33,72%.
2. Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam Topik 1 sebesar 14,17%, Topik 2 sebesar 35,63%, Topik 3 sebesar 45,81 % dan Topik 4 sebesar 39,26 %.
3. Kesulitan tersebut disebabkan peserta didik memahami istilah workbook dan worksheet, kolom dan sel secara dipertukarkan.
5.2 Saran
Berdasarkan kesulitan peserta didik dalam mendefinisikan dan menjelaskan istilah-istilah dalam lembar kerja Microsorf excel 2007, maka saran yang dapat diberikan adalah:
1. Sebaiknya guru memberi penjelasan awal yang lebih terperinci terhadap konsep-konsep Lembar kerja Microsorf Excel 2007. Misalnya tentang workbook, worksheet, kolom, dan sel.
2. Sebaiknya guru lebih menekankan pengajaran tentang perbedaan antara workbook, worksheet, kolom, dan sel dalam lembar kerja Microsorf Excel.
|
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL...................................................................................... ............. i
PENGESAHAN PEJABAT BERWENANG.............................................. ............ ii
LEMBAR PERNYATAAN ...................................................................................... iii
UCAPAN TERIMA KASIH ..................................................................................... iv
ABSTRAK................................................................................................................... v
DAFTAR ISI............................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang...................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah................................................................................. 5
1.3 Batasan Masalah................................................................................... 5
1.4 Tujuan Penelitian.................................................................................. 6
1.5 Manfaat Penelitian................................................................................ 6
1.6 Asumsi Penelitian................................................................................. 7
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Tes Bentuk Melengkapi (Completion Item Test).................................. 8
2.2 Lembar Kerja Microsorf Excel............................................................. 8
2.2.1 Program Microsorf Excel.......................................................... 9
2.2.2 Workbook ............................................................................... 10
2.2.3 Sel dan kolom.......................................................................... 11
2.2.4 Elemen penyusun lembar kerja .............................................. 13
BAB III METODE DAN PROSEDUR
3.1 Jenis Penelitian.................................................................................... 14
3.2 Populasi dan Sampel Penelitian.......................................................... 14
3.2.1 Populasi.................................................................................... 14
3.2.2 Sampel..................................................................................... 14
3.3 Prosedur Pengumpulan dan Pengolahan Data.................................... 15
3.4 Instrumen Penelitian........................................................................... 16
3.4.1. Pengembangan Intrumen........................................................ 16
3.5 Teknik Analisa Data........................................................................... 17
3.6 Uji Coba Instrumen ............................................................................ 18
|
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Pelaksanaan Penelitian...................................................................... 19
4.2 Profil Kemampuan Peserta Didik.................................................... 19
Identifikasi Kesulitan Peserta Didik.............................................................. 21
4.3.1 Topik 1..................................................................................... 21
4.3.2 Topik 2..................................................................................... 23
4.3.3 Topik 3..................................................................................... 24
4.3.4 Topik 4..................................................................................... 27
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan.......................................................................................31
5.2 Saran................................................................................................. 31
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1. Instrumen penelitian................................................................................... 29
2. Analisis instrumen...................................................................................... 31
2 Data hasil penelitian ............................................................................................ 36
4. Administrasi penelitian ......................................................................... 39
|
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
2.1 Jari-jari Atom Unsur-unsur (Angstrom).................................................. 7
2.2 Energi Ionisasi Atom Unsur-unsur (K Kal/g atom)................................. 18
2.3 Elektronegatifitas unsur-unsur................................................................. 10
3.1 Indikator Kemampuan Siswa dalam Menjelaskan Sifat-sifat Periodik Unsur 13
4.1 Rincian Jumlah Butir Soal dan Skor Rata-rata Siswa............................. 17
4.2 Daftar Ragam Jawaban Salah Siswa (Topik 1)....................................... 18
4.3 Daftar Ragam Jawaban Salah Siswa (Topik 2)....................................... 20
4.4 Daftar Ragam Jawaban Salah Siswa (Topik 3)....................................... 23
4.5 Daftar Ragam Jawaban Salah Siswa (Topik 4)....................................... 25
DAFTAR PUSTAKA
|
Allen, M. J & Yen, W. M. 1979. Introduction to Measurement Theory. California: Brooks/Cae Publishing Company.
Anwar, Saifuddin. 1992. Reliabilitas dan Validitas .Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto.2006. Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer. Bandung: Yrama Widya.
Departemen Pendidikan Nasional.2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kompetensi Dasar untuk Mata Pelajaran TIK SMA. Jakarta: Depdiknas.
__________.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Isi 2006. Jakarta: Depdiknas.
__________.2006. Silabus KTSP 2006 Mata Pelajaran TIK SMA. Jakarta: BSNP.
__________.2004. Petunjuk dan Pedoman Penilaian Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta:Dikdasmen
Haris, Amini.2012. Perkembangan Tik Di Tingkat Sma.Sungguminasa: SMA PGRI
Hidayat, Rudi.2010. Tik Kelas XI. Jawa Tengah .Erlangga
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Nawawi, Hadari H. 1991. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press (UGM).
Purnomo,
andi.2010.Tik 2 Teknologi Informasi &
Komunikasi SMA Kelas XI.
:yudhistira
Purnomo, andi. 2007.Teknologi Informasi Dan Komunikasi Jilid 2 SMA Kelas XI. :yudhistira
Sadiman.2003. Modul Pembelajaran Microsorf Excel. Palembang: Maxicom.
_______.2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas XI KTSP. Jakarta: Erlangga.
Sudijono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana.2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Dara Algensindo.
|
Ms
TM
³
|
Microsorf
Tes Melengkapi Excel
Lebih besar atau sama dengan |
ABSTRAK
Sri Mulyanti. 2017. Kesulitan Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam Memahami Lembar Kerja Microsorf Excel 2007 : Completion Item Tes. Penelitian . Guru Mata Pelajaran TIK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan Peserta didik dalam mendefinisikan dan menjelaskan lembar kerja Microsorf Excel 2007. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 88 peserta. Penentuan sampel berdasarkan jumlah lembar jawaban yang kembali. Artinya seluruh peserta didik kelas XI (selain kelas ujicoba) diberikan kesempatan untuk mengikuti TME. Jumlah lembar jawaban yang kembali sebanyak 88 lembar.
Data diambil menggunakan tes bentuk melangkapi dengan 23 kata kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik kelas XI SMAN 1 Kota Besi Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam memahami lembar kerja Microsorf Excel 2007 dikategorikan baik. Hal ini terbukti dari rata-rata skor total topik sebesar 0,625.
Umumnya jawaban salah yang dominan dilakukan peserta didik pada setiap topik adalah sebagai berikut: Topik 1 (program Microsorf Excel), peserta didik mempersepsikan pengertian data secara bertukar dan peserta didik berpikir program microsorf Excel mampu mengolah hasil, namun yang sebenarnya mampu mengolah data. Topik 2 (komponen workbook), peserta didik tidak memahami dengan baik tentang workbook dan peserta didik memahami worksheet sebagai workbook. Topik 3 (kolom dan sel), peserta didik memahami istilah kolom dengan sel secara dipertukarkan. Topik 4 (komponen penyusun lembar kerja), peserta didik memahami istilah dalam lembar kerja tersebut secara ditukar dan peserta didik cendrung kurang teliti dalam penulisan istilah-istilah tersebut.
Kata kunci : Kesulitan, Peserta Didik SMA, Lembar Kerja Microsorf Excel 2007, Completion Item Test.
Perhitungan Daya beda (Db) dan Tingkat kesukaran (Tk)
Hasil Uji Coba
Nomor soal |
Kelompok atas |
Kelompok bawah |
Jumlah siswa |
Db |
Tk |
1 2 3 4 5* 6 7 8 9* 10* 11 12 13* 14 15 16 17 18 19* 20* 21 22 23 |
8 8 6 8 0 1 8 7 0 1 8 6 2 4 4 8 8 7 1 2 8 8 8 |
7 4 5 6 0 1 6 2 0 0 1 1 0 3 0 3 2 1 0 0 1 1 1 |
16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 16 |
0,125 0,500 0,125 0,250 0 0 0,250 0,625 0 0,125 0,825 0,625 0,250 0,125 0,500 0,625 0,750 0,750 0,125 0,250 0,875 0,875 0,875 |
0,938 0,938 0,688 0,875 0 0,125 0,875 0,563 0 0,063 0,563 0,438 0,125 0,438 0,25 0,688 0,625 0,5 0,063 0,125 0,563 0,563 0,563 |
Jumlah |
9,450 |
7,005 |
|||
Rata-rata |
0,411 |
0,305 |
|||
Criteria |
Ideal |
Ideal |
Keterangan : *) - Skor sangat rendah
- Soal tidak dihilangkan karena sudah merujuk pada tujuan penelitian
- Soal akan lebih diperjelas agar lebih dimengerti oleh siswa
![]() |
||||
|
SMAN 1 KOTA BESI
TES MELENGKAPI
ISTILAH – ISTILAH DALAM LEMBAR KERJA MICROSORF EXCEL 2007 (TMME)
Petunjuk Pengerjaan :
Bacalah teks di bawah ini dengan teliti, lengkapi menggunakan satu atau dua kata yang tepat agar kalimat menjadi benar !
Microsorf Excel adalah salah satu paket program Microsorf office yang dilengkapi dengan fasilitas kemampuan mengolah (1).................. walaupun dalam bentuk statistic sederhana, misalnya menentukan jumlah total keseluruhan, menentukan nilai rata-rata, menentukan nilai tertinggi, nilai terendah dan menghitung banyak data dari sebuah deret data. Perangkat lunak ini menayangkan sejumlah sel yang secara kesatuan membentuk grid yang terdiri dari (2) ................... Setiap sel dapat berisi huruf teks atau angka. Sel tersebut dapat juga berisi (3) .................. yang mendefinisikan suatu perhitungan matematis berdasarkan isi sel lain atau kombinasi dari banyak sel yang dapat di-update setiap waktu. Program pengolah angka sering digunakan untuk pengolahan data keuangan. Program ini mampu memperbarui hitungan pada seluruh sel yang ada di lembaran begitu satu sel diubah nilainya.
(4)................ adalah rumus yang digunakan untuk melakukan bentuk penghitungan matematika, misalnya penjumlahan, perkalian, pembagian, pengurangan. Selain itu, microsorf Excel juga dilengkapi dengan kemampuan mengolah data berbentuk tabel menjadi (5)................ Jika kita membuka program aplikasi microsorf excel 2007, maka akan muncul tampilan layar berupa (6) ................... yang merupakan file microsorf excel yang berupa tiga worksheet atau lebih. (7)..................... adalah lembar kerja yang digunakan untuk pengolahan dan pengorganisasian data.
(8)............................ (kolom)
deretan nama baris terletak dibagian
samping kiri worksheet dan sering disebut juga kepala kolom ((9)...................). Judul kepala
baris ditandai dengan angka 1 sampai angka (10).................... . (11)............. (sel) merupakan media
penempatan data yang ditunjuk oleh perpotongan antara kolom dan baris, dengan
perpotongan antara kolom dan baris ini akan dapat diketahui alamat selnya.
Misalnya posisi pointer berada di kolom B dan baris 3, maka alamat selnya
adalah (12)............ Gabungan
dari bebarapa sel dinamakan (13)................
(14)................ adalah kumpulan
sel yang merupakan lembar kerja dari masing-masing workbook.
Bagian-bagian elemen pada jendela Microsorf Excel 2007 yaitu: (15) ………….. adalah baris judul yang memberikan informasi tentang program dan file yang sedang aktif. (16)……………. (menu bar) adalah baris yang berisi kumpulan menu (17) ……………. yang masih mempunyai sub menu perintah dibawahnya menu tersebut dapat diaktifkan dengan menggunakan klik mouse atau keyboard dengan (Alt)+ tombol kunci menu. (18)……………… berisi tombol-tombol perintah yang umum sering dipakai, seperti menyalin, menyimpan, mencetak dan lain-lain. (19)………………. adalah balok yang berisi tombol-tombol yang sering digunakan dalam memformat lembar kerja. (20) ……….. adalah kotak petunjuk alamat sel pointer yang aktif. (21)……………… merupakan kotak yang menampilkan nilai data atau rumus yang terdapat dalam sebuah sel aktif. (22)…………… merupakan baris penggulung untuk menggulung layar ke atas –bawah atau ke kiri-kanan. (23)…………… adalah jendela kecil yang memuat daftar perintah yang biasa digunakan dengan task pane ini kita dapat menggunakan perintah-perintah tersebut sambil tetap bekerja dilembar kerja.
VALIDASI TINGKAT KESESUAIAN TUJUAN – BUTIR SOAL
Petunjuk:
- Tulislah tanda silang (X) pada kolom yang telah tersedia!
- Keterangan: 0 = butir soal tidak sesuai
1 = butir soal sesuai
2 = butir soal sangat sesuai
3. Contoh:
Tingkat kesesuaian |
|
|
0 |
1 |
2 |
X |
|
|
Artinya, butir soal tidak sesuai
Kurikulum |
Tujuan |
Soal |
Tingkat kesesuaian |
||
0 |
1 |
2 |
|||
1. Ms. Excel 2007 |
Siswa memahami program Microsorf Excel 2007 |
Microsorf Excel adalah salah satu paket program Microsorf office yang dilengkapi dengan fasilitas kemampuan mengolah (1)data statistik walaupun dalam bentuk statistic sederhana, misalnya menentukan jumlah total keseluruhan, menentukan nilai rata-rata, menentukan nilai tertinggi, nilai terendah dan menghitung banyak data dari sebuah deret data. Perangkat lunak ini menayangkan sejumlah sel yang secara kesatuan membentuk grid yang terdiri dari (2)kolom dan baris. Setiap sel dapat berisi huruf teks atau angka. Sel tersebut dapat juga berisi (3)rumus yang mendefinisikan suatu perhitungan matematis berdasarkan isi sel lain atau kombinasi dari banyak sel yang dapat di-update setiap waktu. Program pengolah angka sering digunakan untuk pengolahan data keuangan. Program ini mampu memperbarui hitungan pada seluruh sel yang ada di lembaran begitu satu sel diubah nilainya.
|
|
|
|
2. Energi ionisasi |
Sisw a memahami urutan energi ionisasi unsur segolongan dan seperiode |
(4)Rumus operator adalah rumus yang digunakan untuk melakukan bentuk penghitungan matematika, misalnya penjumlahan, perkalian, pembagian, pengurangan. Selain itu, microsorf Excel juga dilengkapi dengan kemampuan mengolah data berbentuk tabel menjadi (5)grafik. Jika kita membuka program aplikasi microsorf excel 2007, maka akan muncul tampilan layar berupa (6)workbook yang merupakan file microsorf excel yang berupa tiga worksheet atau lebih. (7)Worksheet adalah lembar kerja yang digunakan untuk pengolahan dan pengorganisasian data.
|
|
|
|
3. Afinitas electron |
Sisw a memahami urutan afinitas elektron unsur segolongan dan seperiode |
(8)Column (kolom) deretan nama baris terletak dibagian samping kiri worksheet dan sering disebut juga kepala kolom ((9)column heading). Judul kepala baris ditandai dengan angka 1 sampai angka (10)65536. (11)Cell (sel) merupakan media penempatan data yang ditunjuk oleh perpotongan antara kolom dan baris, dengan perpotongan antara kolom dan baris ini akan dapat diketahui alamat selnya. Misalnya posisi pointer berada di kolom B dan baris 3, maka alamat selnya adalah (12)B3. Gabungan dari bebarapa sel dinamakan (13)Range. (14)Sheet adalah kumpulan sel yang merupakan lembar kerja dari masing-masing workbook.
|
|
|
|
4.Keelektronegatifan |
Siswa memahami urutan keelektronegatifan unsur segolongan dan seperiode |
Bagian-bagian elemen pada jendela Microsorf Excel 2007 yaitu: (15)Title bar adalah baris judul yang memberikan informasi tentang program dan file yang sedang aktif. (16)Baris menu (menu bar) adalah baris yang berisi kumpulan menu (17)perintah utama yang masih mempunyai sub menu perintah dibawahnya menu tersebut dapat diaktifkan dengan menggunakan klik mouse atau keyboard dengan (Alt)+ tombol kunci menu. (18)Standard toolbar berisi tombol-tombol perintah yang umum sering dipakai, seperti menyalin, menyimpan, mencetak dan lain-lain. (19)Formatting toolbar adalah balok yang berisi tombol-tombol yang sering digunakan dalam memformat lembar kerja. (20)Name box adalah kotak petunjuk alamat sel pointer yang aktif. (21)Formula bar merupakan kotak yang menampilkan nilai data atau rumus yang terdapat dalam sebuah sel aktif. (22)Scrool bar merupakan baris penggulung untuk menggulung layar ke atas –bawah atau ke kiri-kanan. (23)Task pane adalah jendela kecil yang memuat daftar perintah yang biasa digunakan dengan task pane ini kita dapat menggunakan perintah-perintah tersebut sambil tetap bekerja dilembar kerja.
|
|
|
|
Kunci jawaban
1. Jari-jari atom 2. Segolongan 3. Jumlah kulit/periode 4. Elektron valensi 5. Proton |
6. He 7. Energi ionisasi 8. Segolongan 9. Elektron terluar/elektron valensi 10. Energi |
|
|
|
KUNCI JAWABAN
TEST MELENGKAPI EXCEL
(TME)
1. Data statistik
2. Kolom dan baris
3. Rumus
4. Rumus operator
5. Grafik
6. Workbook
7. Worksheet
8. Column
9. Column heading
10. 65536
11. Cell
12. B3
13. Range
14. Sheet
15. Title bar
16. Baris menu
17. Perintah utama
18. Standard toolbar
19. Formatting toolbar
20. Name box
21. Formula
22. Scrool bar
23. Task pane
|
Nama : M. Nur Alam
BalasHapusKelas : X IPS 1
Tanggal : Sen,9 Jan 2023