KERAJINAN PART2 X fase e

 KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

Pengertian biaya produksi dan harga pokok produksi

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan :

 Memahami pengertian biaya produksi

 Memahami cara penentuan harga pokok produksi dan harga jual

 Memahami harga jual harga produksi

 Menghitung harga jual harga produksi (HPP)

B. Uraian Materi

1. Pengertian biaya produksi

Sebelum mencari tahu apa saja komponen biaya produksi, pertama-tama mari kita pahami terlebih dahulu pengertiannya. Biaya produksi adalah pengeluaran yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengubah bahan baku menjadi produk siap jual.

Sebagai contoh, perusahaan batik tulis mengeluarkan Rp. 10.000.000 untuk menciptakan 100 pcs kain batik yang sudah siap di pasarkan di market. Nah, Rp.10.000.000 itulah yang disebut sebagai biaya produksi. Biaya produksi bukan hanya sebatas biaya pembelian bahan baku, namun juga meliputi biaya pemasaran, sewa counter, penyusutan peralatan produksi dan lain-lain. Sejumlah ahli juga mengemukanan pendapatnya tentang pengertian biaya produksi. Seperti:

Perry (1997) : biaya produksi adalah penjumlahan antara biaya tidak langsung (overhead cost) dan biaya langsung (direct cost).

Sadono Sukirno (2003) : biaya produksi adalah semua pengeluaran perusahaan untuk mendapat faktor-faktor produksi dan bahan mentah yang digunakan untuk menciptakan produk perusahaan.

Sutrisno (2009) : biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan dalam mengolah bahan baku sehingga menjadi produk selesai. Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang dikelurkan dalam pengolahan bahan baku menjadi produk, sedangkan biaya non produksi merupakan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan non produksi, seperti kegiatan pemasaran dan kegiatan administrasi umum. Biaya produksi membentuk harga pokok produksi, yang digunakan untuk menghitung harga produk yang pada akhir periode yang dalam proses. Biaya nonproduksi ditambahkan pada harga pokok produksi untuk menghitung total harga pokok produk.

2. Harga Pokok Produksi

Harga Pokok Produksi terdiri dari tiga elemen biaya produk yaitu Biaya Bahan baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, dan Biaya Overhead Pabrik. Harga Pokok produksi diperhitungkan dari biaya produksi yang terkait dengan produk yang telah selesai selama periode tertentu. Barang dalam proses awal harus ditambahkan dalam biaya produksi tersebut dan barang dalam persediaan akhir barang dalam proses harus dikurangkan untuk memperoleh Harga Pokok Produksi (Garrison, Noreen, dan Brewer, 2006:6

3. Pengertian HPP

Harga pokok penjualan (HPP) merupakan harga atau nilai barang yang dijual. Umumnya Cara Menghitung HPP ini ditentukan pada persediaan awal produk ditambah dengan jumlah harga produksi dan dikurangi dengan persediaan akhir produk. Jadi, pada prinsipnya harga pokok penjualan (HPP) adalah jumlah saldo awal persediaan dan harga pokok barang-barang yang dibeli dikurangi jumlah persediaan akhir pada periode tertentu. Harga pokok penjualan (HPP) melibatkan seluruh semua upah baru langsung dan biaya bahan-bahan tambahan, dan biaya-biaya tak diduga lainnya.

Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan (HPP), sering dianggap sama oleh beberapa pelaku bisnis. Kedua komponen ini berbeda, lantaran Harga Pokok produksi mencakup biaya yang dibutuhkan untuk sebuah produksi barang sedangkan harga jual merupakan HPP tersebut yang telah ditambah dengan keuntungan yang diperoleh dari penjualan barang dan jasa.

4. Menghitung HPP

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) setelah komponen-komponen terangkum dengan lengkap, maka tahap selanjutnya adalah menghitung besarnya Harga Pokok Produksi (HPP). Cara menghitung harga harga pokok produksi (HPP) dapat dilakukan dengan mengikuti Langkah-langkah berikut ini.

a. Tahap 1 (Menghitung Biaya Bahan Baku)

Bahan baku yang digunakan atau biaya bahan baku dapat dihitung dengan cara menjumlahkan saldo awal bahan baku dan pembelian bahan baku kemudian dikurangi saldo akhir bahan baku. Rumus menghitung biaya produksi berupa bahan baku yang digunakan yaitu:

Biaya Bahan Baku

Saldo awal bahan baku + Pembelian bahan baku – Saldo akhir bahan baku

b. Tahap 2 (Menghitung Biaya Produksi)

Cara Menghitung Biaya Produksi dapat dilakukan dengan menjumlahkan 3 biaya komponen Harga Pokok Penjualan yang pertama (Biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead). Dengan demikian, Rumus menghitung biaya produksi adalah :

Biaya produksi

biaya bahan baku + Biaya tenaga kerja langsung + Biaya overhead Produksi

c. Tahap 3 (Menentukan Harga Pokok Produksi)

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dapat dilakukan dengan menjumlahkan biaya produksi dan saldo awal persediaan barang kemudian dikurangi saldo akhir persedian barang. Rumus untuk menghitung harga pokok produksi adalah

Harga produksi

Total biaya produksi + Saldo awal persediaan barang – Saldo akhir persediaan barang

d. Tahap 4 (Menghitung HPP)

Cara Menghitung HPP dapat dihitung dengan menjumlahkan harga pokok produksi dengan persediaan barang awal kemudian dikurangi persediaan barang akhir. Rumus Menghitung HPP dapat dituliskan sebagai berikut:

Harga Pokok Penjualan (HPP)

Harga pokok produksi + Persediaan barang awal– Persediaan barang akhir


Setelah memahami materi diatas, berikut soal evaluasi yang wajib dikerjakan. Jawaban yang ibu rekap atau ambil hanya nilai 100 ya. Nah, apabila belum mencukupi silahkan diulang-ulang lagi. Apabila mengalami kendala hubungi me Terus semangat ya


Link evaluasi 2

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSd1OGPZ9AZldNEh6zMRZUXTSaCWhZk0hly9Zw4WYh0hEA3pew/viewform 


Komentar

  1. Alma Cinta Laura X R1
    Hadir

    BalasHapus
  2. Theresia Emanuela Yansun X R1 Hadir

    BalasHapus
  3. Nuril Hapipah
    Xr1
    Hadir

    BalasHapus
  4. Renita apriliani X R1 Hadir

    BalasHapus
  5. Rohmah Yunita Sari
    X R-1
    Hadirr

    BalasHapus
  6. Lisnaniah XR1 hadir

    BalasHapus
  7. Aulia rahma XR1 Hadir

    BalasHapus
  8. Pirmansyah
    Xr-1
    Hadirr

    BalasHapus
  9. Hairul Anwar
    Xr-1
    Hadirr

    BalasHapus
  10. Rizman oktaviandie XR1
    Hadir

    BalasHapus
  11. Radit antoni XR1
    Hadir

    BalasHapus
  12. SUKRIANNUR
    Xr4
    Hadir

    BalasHapus
  13. Anisa Aulia XR1 Hadir

    BalasHapus
  14. Indriyani putri
    XR1
    Hadir

    BalasHapus
  15. Wanda Maulida
    XR1
    Hadir

    BalasHapus
  16. Gugun Abertius
    XR1
    Hadir

    BalasHapus
  17. M.Rif'at Maulana
    Xr1
    Hadir

    BalasHapus
  18. Hanafi manan
    Xr1
    Hadir

    BalasHapus
  19. Abdul Gafur
    XR1
    Hadir

    BalasHapus
  20. Adi zainurahman hadirr

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer