MATERI KE LIMA SENI BUDAYA XI

Seni Budaya kelas XI semester 3 TP. 2020/2021

Pengampu Mapel: Sri Mulyanti, S.Pd

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam pertemuan kali ini
Di materi ini anda semua  memulainya dengan teori apa itu BEREKSPRESI DALAM SENI RUPA?

Apakah ada diantara teman2 anda yang belum masuk? (Tanya jawab sedikit tentang kehadiran peserta didik)

Apasih manfaat anda mempelajari materi ini ?(sedikit motivasi)

Baik kita akan memulai pelajarannya ibu harap anda semua bisa mencari posisi duduk yang nyaman. Karena kita akan menggunakan waktu selama 60 menit kedepan. Selain itu pastikan arus listrik  (terminal dan charger).

Gunakan 5 menit untuk mengisi absen, 25 menit untuk literasi, 30 menit untuk evaluasi.

 

 BEREKSPRESI DALAM SENI RUPA

 

Pelaksanaan aktivitas kreasiseni lukis adalah kegiatan merealisasikan konsep seni sebagai ekspresi. Konsep yang mendasarkan sumber inspirasi seni dipetik dari kehidupan psikologis pelaku kreatif. Jenis seni ini lebih bersifat subjektif, namun sangat penting dalam membentuk keseimbangan antara kehidupan rohani dan jasmani seseorang (katarsis).

A. Berekspresi

Proses kreatif berekspresi ini antara lain, memerlukan persiapan: kanvas ukuran 60x60 cm, palet, cat minyak atau cat acrylic, kuas, cucian kuas, kain lap, dan perlengkapan lain yang dianggap perlu. 

1. Mengamati

Siswa melaksanakan pengamatan terhadap realitas internal kehidupan spiritualnya. Misalnya, memusatkan perhatian pada kehidupan rohaninya, mungkin hal itu berkenaan dengan cita-cita, emosi, nalar, intuisi, gairah, kepribadian, dan pengalaman-pengalaman kejiwaan lain yang sekarang, saat ini, dialami.

2. Menanyakan 

Tanyakan kepada diri sendiri, gejala kejiwaan yang mana yang menjadi masalah, yang paling penting untuk diekspresikan lewat kegiatan penciptaan lukisan. Dengan demikian, kehidupan batin kita menjadi lebih tenang, sehat, dan seimbang. Kemudian, tetapkanlah itu sebagai sumber inspirasi atau gagasan kreativitas kamu (penentuan subject matter atau tema). 

3. Mencoba

Cobalah mereka-reka wujud visual gagasan tersebut dalam imajinasimu, lalu buatlah sketsa-sketsa alternatif bagaimana rupa karya lukisan yang kamu inginkan, apakah figuratif meyerupai bentuk-bentuk alamiah, semi figuratif karena telah mengalami distorsi dari bentuk alamiahnya. Nonfiguratif yang sama sekali tidak melukiskan gejala alamiah lagi, melainkan bentuk-bentuk abstrak. Tidak ada  batasan yang perlu mengekang kebebasan kreatif kamu dalam memilih gambaran wujud  lukisan. Batasannya adalah pencapaian kepuasan berekspresi, sama dengan terealisasinya gagasan menjadi lukisan. 

4. Menalar

dari sejumlah sketsa yang telah kamu buat itu, analisis kekuatan dan kelemahan setiap sketsa. Baik dari aspek konseptual, visual, dan kemungkinan penggunaan media (bahan baku seni) teknik berkarya yang sesuai, dan tetapkan salah satu sketsa yang paling representatif memenuhi harapan kamu. Kemudian, berekspresilah dengan penuh rasa percaya diri. Tolok ukur lukisan telah selesai atau belum adalah kepuasan yang kamu alami. Jika rasa puas itu telah hadir, kepuasan mempersepsi wujud lukisan yang diciptakan, maka lukisan itu dapat dibubuhi dengan tanda tangan atau inisial kamu. Sebagai bukti kamulah penciptanya, dan kamu bertanggungjawab penuh atas ciptaan tersebut.

5. Menyajikan

Pengertian penyajian sebuah lukisan, tidak sama dengan penyajian makalah dalam kegiatan diskusi. Jadi, dalam konteks ini siswa mengerjakan pemberian bingkai yang sesuai dengan ukuran, warna, maupun kesesuaian dengan aliran lukisan. Selanjutnya, menulis ringkasan konsep, deskripsi visual, pembuatan label (judul, tahun penciptaan, media yang digunakan, ukuran, dan nama pencipta, serta foto karya lukisan). Semua keterangan ini diprint dan diletakkan dibagian belakang lukisan. Lukisan itu dikatakan "siap dipamerkan". Kemudian, lukisan tersebut untuk sementara akan disimpan diruang koleksi. Penyajian seni lukis yang sesuangguhnya akan diselenggarakan dengan pembentukan panitia pameran yang berkerjasama dengan pihak-pihak lain, misalnya galeri, kurator, sponsor, donatur, pers, dan lain-lain. Penyajian lukisan akan dibahas secara tersendiri. 

A. Rangkuman

Berekspresi adalah salah satu kebutuhan hidup manusia. Realitas internal kehidupan spiritual siswa membutuhkan penyaluran, agar dapat mencapai keseimbangan kehidupan rohaniah yang sehat. Proses mengamati, menanyakan, mencoba, menalar, dan menyaji adalah aktivitas proses kreasi yang lebih bersifat objektif,  dengan memadukan realitas internal yang subjektif melalui pendekatan objektif. Siswa diharapkan mendapat pengalaman yang berharga, yakni keharmonisan antar kehidupan batiniah dan kehidupan lahiriah. Dari proses kegiatan berekspresi ini, potensi artistik para siswa akan berkembang. Karya-karya siswa adalah objek-objek real tentang apa yang mereka harapkan, inginkan, dan sudah pasti merupakan dokumen penting bagi kehidupan psikologis mereka. 

 Sampai disini dulu materi kita 

Silahkan diselesaikan evaluasinya ya

Dan jangan lupa tinggalkan komentarx di bawah ini, terus semangatkan literasi, perkaya diri dengan ilmu pengetahuan luas yang sangat berguna untuk pendewasaan pola pikir kita.
 
Sampai jumpa lagi di pertemuan keenam!

Bila ada kekurangan atau kesalahan semua itu dari kami, namun bila ada kebaikan maka semua itu dari Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga kita selalu dilimpahkan kesehatan dan kemudahan. Amin
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Komentar

  1. Waalaikumsalam Wr.Wb bu
    Terimakasih Atas materi yang ibu sampaikan,materi ini sangat bermanfaat bagi saya☺.
    Nama:Novitha Rahmadhani
    Kelas:XI IPS 2
    HADIR

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam Wr.Wb Bu...
    Terimakasih atas materainya Bu..
    Nama: Siti Nurdianti
    Kelas: XI IPS 2
    HADIR

    BalasHapus
  3. Waalaikumsalam Wr.Wb Bu...
    Terimakasih atas materainya Bu..
    Nama: Siti Nurdianti
    Kelas: XI IPS 2
    HADIR

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Sekali lagi terimakasih bu untuk materi yg selalu ibu berikan sehingga semua itu membantu mempermudah kami dalam belajar daring dimasa pandemi ini..
    Sungguh sangat bermanfaat bagi kami bu

    Nama : Muzdalifah Afidah
    Kelas : XI ips 1
    Hadir bu๐Ÿ™

    BalasHapus
  5. Terimakasih untuk materinya Bu
    Nama : Ananda Bintang Akmal
    Kelas : XI IPS 1
    Hadir

    BalasHapus
  6. terimakasih materinya bu
    Nama:RIAN SUPRIADI
    Kelas:XI MIPA
    Hadir bu , saya semangat belajar

    BalasHapus
  7. Terimakasih atas materinya bu
    Nama:agnes monika
    Kelas:XI mipa
    Hadir bu

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas meterinya Bu sangat membantu
    Nama:Icha Aflinda Ihmalia Putri
    Kelas:XI IPS 1
    Hadir bu

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas materi nya Bu
    Nama : Asiyah
    Kelas : XI IPS 1
    Hadir Bu

    BalasHapus
  10. Alimil Hakim
    XI MIPA
    Hadir Bu
    Materinya sangat bagus bu๐Ÿ˜semoga dalam soal kami mendapatkan nilai yang bagus

    BalasHapus
  11. Aditya saputra
    XI IPS 1
    Hadir bu
    Materinya sangat bermanfaat dan memudahkan kami memahaminya

    BalasHapus
  12. Aditya saputra
    XI IPS 1
    Hadir bu
    Materinya sangat bermanfaat dan memudahkan kami memahaminya

    BalasHapus
  13. Waalaikumsalam wr.wb
    Terima kasih Bu atas materi yang diberikan
    Nama:Rini Selvia
    Kelas:XI IPS 2
    HADIR

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam wr. WB
    Terimakasih atas materi yang ibu berikan.
    Nama : Desvita Ananda
    Kelas : XI IPS 1
    Hadir

    BalasHapus
  15. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama: Wulandari
    Kelas: XI IPS 3
    Ket: Hadir
    Terima kasih banyak atas materinya Bu๐Ÿ™,ini sangat membantu untuk memahami pelajaran ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  16. Walaikumsalam Wr. Wb.
    Nama : Fahrudin
    Kelas : XI IPS 1
    Ket. Hadir
    Terimakasih materinya

    BalasHapus
  17. Waallaikumsallam warahmatullahi wa barakatuh
    Nama : ABDISYAFARI
    kelas : XI IPS 2
    keterangan : Hadir
    Terimakasih atas materi yang di berikan oleh ibu.

    BalasHapus
  18. Waallaikumsalam wr.wb
    NAMA: RAHMAT TAJUDINNUR
    KELAS:XI IPS 2
    KET:HADIR

    BalasHapus
  19. Waalaikumsalam Wr.Wb
    Nama:Nurul Ulfah
    Kelas:XI IPS 2
    Keterangan:Hadir
    Terimakasih atas materinya

    BalasHapus
  20. Waalaikumsalam wr. Wb
    Nama:Aulia Hamidah
    Kelas:XI IPS 1
    Keterangan:hadir
    Terimakasih atad materi yang ibu berikan

    BalasHapus
  21. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
    Nama:Suhartini
    Kelas:Xl IPS 2
    Keterangan:Hadir
    Terimakasih materinya bu๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  22. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama : Miranda Febriyanti
    Kelas: XI MIPA
    Hadir Bu
    Terimakasih kasih atas materinya bu๐Ÿค—

    BalasHapus
  23. Waalaikumusalam wr.wb
    Nama : Novi setia ningsih
    Kelas : XI mipa
    Hadir bu
    Terimakasih materinya bu

    BalasHapus
  24. Wa'alaikumssalam
    Terimakasih kasih Bu atas materinya yang sangat membantu

    Nama : M. Jumawan
    Kelas: XI MIPA
    Ket. : Hadir

    BalasHapus
  25. Wa'alaikumsalam
    Terimakasih atas materu yang ibu bagikan materi ini sangat membantu
    Nama:indra rizata maulana
    Kelas:XI ips1
    Ket:hadir

    BalasHapus
  26. Wa'alaikumsalam Wr. Wb.
    Terimakasih materinya, Bu, sangat membantu
    Nama : Chinta Rahmania Putri
    Kelas :XI MIPA
    Hadir, Bu

    BalasHapus
  27. Wa'alaikumussalam wr.wb
    Nama : Nuraida
    Kelas : XI MIPA
    Hadir Bu
    Terimakasih materinya bu

    BalasHapus
  28. Wa'alaikumusalam Wr. Wb
    Nama :Dian Kusuma Putri
    Kelas:XI Mipa
    Hadir bu
    Terima Kasih atas materinya bu

    BalasHapus
  29. Wa'alaikumusalam Wr.Wb
    Terimakasih atas materi yang telah ibu berikan...
    Nama:Rina Huwatul Ayisah
    Kelas:XI MIPA
    HADIR,Bu

    BalasHapus
  30. Waalaikumsalam Warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Nabilla Wafiq Azizah
    Kelas : XI MIPA
    Keterangan : hadir Bu๐Ÿ‘๐Ÿป
    Terima kasih atas materi yang ibu berikan, materi tersebut sangat membantu saya dalam memahami materi kali ini Bu๐Ÿ™๐Ÿป

    BalasHapus
  31. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama:Aad Arda Maulana
    Kelas:Xi Mipa
    Keterangan:Hadir
    Terima kasih atas materinya bu

    BalasHapus
  32. Waalaikumsalam Wr. Wb.
    Terima kasih atas materi yang telah diberikan Bu.

    Fahrul Setiawan
    XI MIPA
    Hadir

    BalasHapus
  33. Waalaikumsalam wr wb


    Nama : Silvia Elly Rosana
    Kelas : XI IPS 1
    Hadir

    BalasHapus
  34. Terimakasih atas materinya bu
    Nama:Maria Ulfa Dwi damayanti
    Kelas:XI MIPA
    Hadir bu

    BalasHapus
  35. Nama:Melta Ayunitha
    Kelas:XI MIPA
    Ket:Hadir
    Terimakasih atas materinya Bu.

    BalasHapus
  36. Waalaikumsalam bu
    Nama:Sri Yuliana
    Kelas:XI MIPA

    BalasHapus
  37. Nama:Lina Sari Agustina
    Kelas:XI MIPA
    Ket:Hadir
    Terima kasih atas materinya Bu sangat membantu.

    BalasHapus
  38. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama:Selvyanti
    Kelas:XI MIPA
    Ket:Hadir
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  39. Waalaikumsalam Wr. Wb.
    Terima kasih atas materi yang telah diberikan Bu.

    Sigit Dwianto
    XI MIPA
    Hadir

    BalasHapus
  40. Waalaikumsalam wr.wb
    Terima kasih atas materi yang ibu berikan
    Nama: Agnes Monika
    Kelas:XI mipa
    Hadir bu

    BalasHapus
  41. Selamat siang bu
    Nama : Fenty Cristy
    Kelas : XI MIPA
    Hadir bu...
    Terimakasih banyak atas materi yg telah ibu berikan sangat membantu sekali๐Ÿ‘๐Ÿ™

    BalasHapus
  42. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama:Enor
    Kelas:XI IPS 2
    Hadir bu
    Terima kasih atas materi yang ibu berikan
    Materinya sangat membantu.

    BalasHapus
  43. Wa'alaikumussalam
    Terimakasih atas materinya Bu
    Nama: Fadhilahnur Ramadhan
    Kelas:XI MIPA
    Hadir

    BalasHapus
  44. Waalaikumusslam warahmatullahi wabarakatuh bu
    Nama: Ratna Wijayanti
    Kelas: XI MIPA
    Hadir bu
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  45. Nama : malik albar ramadhan
    Kelas : XII ips1
    HADIR

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer