Materi ke delapan seni budaya XI

Seni Budaya kelas XI semester 3 TP. 2020/2021

Pengampu Mapel: Sri Mulyanti, S.Pd

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam pertemuan sebelumnya
Di materi ini anda semua  memulainya dengan teori apa itu seni rupa dua dimensi?, dan menganalisis berupa konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik. 

Apakah ada diantara teman2 anda yang belum masuk? (Tanya jawab sedikit tentang kehadiran peserta didik)

Apasih manfaat anda mempelajari materi ini ?(sedikit motivasi)

Baik kita akan memulai pelajarannya ibu harap anda semua bisa mencari posisi duduk yang nyaman. Karena kita akan menggunakan waktu selama 60 menit kedepan. Selain itu pastikan arus listrik  (terminal dan charger).

Gunakan 5 menit untuk mengisi absen, 25 menit untuk literasi, 30 menit untuk evaluasi.

 

 b. Warna

Secara fisika warna ditimbulkan oleh sinar matahari. Apabila kita sorotkan sinar matahari ke sebuah kaca prisma, maka sinar tersebut akan terurai menjadi beberapa sinar warna yang disebut spektrum warna. Setiap spektrum mempunyai kekuatan gelombang yang kemudian sampai pada mata kita, sehingga kita dapat melihat warna tertentu. 

Pada alam terdapat dua jenis penerima cahaya, yakni sebagai pemantul dan sebagai penyerap cahaya. Secara fisiologi stimulasi cahaya memantulkan warna suatu objek sehingga merangsang mekanisme mata kita. Kemudian, rangsangan tersebut disalurkan melalui syarat optik ke otak, sehingga kita dapat mengenali warna itu. Secara psikologis telah terbukti bahwa warna dapat memengaruhi kegiatan fisik maupun mental kita. Reaksi kita terhadap warna bersifat instingtif dan perseorangan, karenanya sensitivitas setiap orang juga berbeda. Pada berbagai aliran seni lukis dalam sejarah seni rupa telah dikenal manifestasi tatawarna tertentu, seperti skema warna klasik, skema warna Rembrandt dan lain sebagainya. 

Peran warna dalam kegiatan seni lukis sangat esensial, baik pada masa pramodern, masa modern, maupun masa posmodern. Pada umumnya para pelukis memanfaatkan warna untuk menyatakan gerak , jarak, tegangan, deskripsi rupa alam, naturalis, ruang, bentuk, ekspresi atau makna simbolik. 

c. Sifat warna

Dalam teori warna dikenal ada tiga sifat optis, Iptical property, yaitu: hue adalah tingkat kepekatan warna, misalnya merah, oranye, atau hijau, biru, biru keunguan dan seterusnya.Value adalah penomena kecemerlangan dan kesuraman warna. Nilai rendah adalah warna yang cenderung suram atau kegelapan, Sementara nilai tinggi adalah kecendrungan warna yang terang dan cemerlang. Misalnya, gejala demikian dapat kita lihat pada skala gradasi warna abu-abu dari hitam ke putih. Saturation adalah intensitas nada warna untuk menunjukkan warna-warna menyala, dan warna-warna yang suram. Semakin murni penggunaan warna semakin tinggi intensitasnya, sebaliknya semakin tidak murni penggunaan warna semakin rendah intensitasnya.

Pada tahun 1940-an seni lukis Affandi dominan menggunakan warna-warna suram atau kusam, kemudian lukisannya berkembang kepenggunaan warna-warna yang cerah. 

d.  Notasi Warna 

Notasi warna (color notation) adalah sistem klasifikasi atau identifikasi warna menurut sifat optisnya. Dalam konteks ini dikenal Sistem Munsell, Sistem Ostwald, Sistem Plochere, dan Sistem Maxwell. Tatanan warna dalam the hues of the spectrum terdapat pada warna pelangi di alam. Sedangkan, dalam lingkaran warna (color cicle) dapat dilihat warna primer, merah, biru, dan kuning. Warna skunder yaitu hijau, ungu, dan oranye. Ketiganya merupakan hasil pencampuran warna primer. Warna komplementer letaknya bertolak belakang pada lingkaran warna, misalnya, merah dengan hijau, biru dengan oranye, dan kuning dengan ungu. Terang dan gelap diungkapkan dengan warna putih dan hitam. Sedangkan warna netral adalah warna abu-abu. Bila Hue adalah nama suatu warna, Value kecerahan dan kecemerlangan warna, maka chrome adalah sifat kualitas, intensitas, dan kejernihan warna. 

e. Warna-warna Antara

Setelah warna primer, warna skunder, dan warna komplementer, dikenal pula warna-warna antara, (intermediate color), seperti merah oranye, merah ungu, biru ungu, hijau biru, kuning hijau, dan oranye kuning. Sebenarnya dalam teori warna, jumlah warna ada delapan puluh warna. 

f. Warna Hangat dan Warna Sejuk

Dari lingkungan warna dapat pula ditentukan warna hangat-panas (the warm color) dan warna sejuk -dingin (the cool color). Warna yang memberi efek kehangatan adalah merah, oranye dan kuning, sementara warna hijau dan biru memberikan efek yang menyejukkan. 

Pengertian ini, kita terjemahkan dari pengalaman keseharian, pada saat kita mendekati warna api yang merah, kita tentu merasa kehangatan, atau jika terlalu dekat bisa kepanasan. Sementara bila kita berada di daerah pegunungan yang hijau atau gunung yang kebiruan kita merasakan iklim yang sejuk. Asosiasi kita mengenai pengalaman real seperti itu menyebabkan kita mengartikan sifat warna menjadi hangat -panas bagi warna merah, oranya dan kuning, sementara warna hijau dan biru memberikan efek menyejukkan atau dingin. 

g. Warna Kromatik dan Akromatik

Warna kromatik (chromatic color), terdiri dari warna hitam, putih, dan abu-abu, selebihnya termasuk warna akromatik (achromatic color), seperti merah, biru, kuning, hijau, oranye dan seterusnya. Dalam seni lukis penggunaan warna tunggal sering diartikan sebagai warna kromatik, sementara penggunaan warna yang meriah, menggunakan banyak warna, disebut polycchromatic.

 h. Warna objek dan warna pigmen

Warna objek adalah warna yang terkena sinar warna spektrum, yang mengenai mekanisme mata pengamat. Warna pigment atau coloring material berupa bubuk halus yang disatukan dengan zat pengikat atau paint vehicle merupakan warna cat yang dikenal luas, seperti cat air, cat poster, cat gouache, cat tempera, cat minyak, cat akrilik, dan lainnya. 

3. Ruang

Ruang adalah keluasan dari suatu bidang atau permukaan. Ruang mempunyai dua dimensi yaitu lebar dan dalam. Ruang juga adalah keleluasaan dari satu bidang atau permukaan yang mempunyai bentukdua dimensi. 

4. Tekstur

Tekstur dibuat diatas kanvas, bisa dengan cat dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti modeling paste. pasir, bubuk marmer, dan lain-lain. 

Jika seseorang mengamati permukaan lukisan dan mendapat kesan kasar, kemudian meraba lukisan tersebut benar-benar juga kasar. Sebaliknya, kesan pengamatan memberi kesan halus, ketika diraba juga halus maka disebut tekstur nyata. 

Jika seseorang mendapat kesan kasar pada pengamatan permukaan objek lukisan, sementara hasil perabaannya sungguh halus maka disebut tekstur semu.

5. Bentuk

Bentuk biasanya diartikan sebagai aspek visual, bagian-bagian yang tergabung menjadi satu yang disebut rupa atau wujud. Bentuk dalam pengertian seni lukis ada yang berupa figuratif, non figuratif.


 Sampai disini dulu materi kita 

Silahkan diselesaikan evaluasinya ya

Dan jangan lupa tinggalkan komentarx di bawah ini, terus semangatkan literasi, perkaya diri dengan ilmu pengetahuan luas yang sangat berguna untuk pendewasaan pola pikir kita

Bila ada kekurangan atau kesalahan semua itu dari kami, namun bila ada kebaikan maka semua itu dari Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga kita selalu dilimpahkan kesehatan dan kemudahan. Amin
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


 

Komentar

  1. Waalaikumsalam wr wb
    Terimakasih atas materi yang di berikan.
    Nama:Indra Rizanta Maulana
    Kelas:XI ips1
    Hadir

    BalasHapus
  2. Waalaikum sallam warahmatullahi wabarokatuh Bu
    Nama: Ananda Bintang Akmal
    Kelas: XI IPS 1
    Hadir
    Terimakasih atas materinya Bu

    BalasHapus
  3. Waalaikumsalam Wr.Wb bu
    Terimaksih banyak atas materi yang ibu berikan
    Nama:Novitha Rahmadhani
    Kelas:XI IPS 2
    HADIR BU

    BalasHapus
  4. Walaikumsalam Wr. Wb.
    Nama : Fahrudin
    Kelas : XI IPS 1
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama: RAHMAT TAJUDINNUR
    Kelas:XI IPS 2
    Hadir
    TERIMAKASIH ATAS MATERI NYA BU

    BalasHapus
  6. Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabaraktuh
    Nama: Icha Aflinda Ihmalia Putri
    Kelas:XI IPS 1
    Hadir
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  7. Wa'alaikumussalam warahamtullahi wabarakatuh
    Muzdalifah Afidah
    XI IPS 1
    Hadir bu
    Terimakasih materinya bu🙏

    BalasHapus
  8. Wa'alaikumussalam wr.wb
    Nama : Nuraida
    Kelas : XI MIPA
    Hadir
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  9. Wa'alaikumussalam wr.wb
    Nama : Nuraida
    Kelas : XI MIPA
    Hadir
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  10. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama : Novi setia Ningsih
    Kelas : XI MIPA
    Hadir
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  11. Wa'alaikumssalam wr.wb
    Nama : Puput Puspitasari
    Kelas : XI MIPA
    Hadir

    BalasHapus
  12. Wa'alaikumssalam wr.wb
    Nama : Puput Puspitasari
    Kelas : XI MIPA
    Hadir

    BalasHapus
  13. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama:Sri Yuliana
    Kelas:XI MIPA
    Hadir
    Terimakasih atas materinya bu🙏

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama:Junita Sari
    Kelas:XI IPS 1
    Hadir
    Terima kasih banyak atas
    materinya bu

    BalasHapus
  15. Waalaikum salam warahmatullahi wa barakatuh. Bu
    Terimakasih atas materi nya.

    Nama : Desvita ananda
    Kelas: XI IPS 1
    Keterangan : Hadir

    BalasHapus
  16. Waalaikumsalam Wr.Wb
    Nama : Wulandari
    Kelas: XI IPS 3
    Ket: Hadir
    Terimakasih banyak Bu untuk materinya 🙏

    BalasHapus
  17. Waalaikumsalam wr.wb Bu
    Terima kasih atas materinya Bu
    Nama:Rini Selvia
    Kelas:XI IPS 2
    HADIR

    BalasHapus
  18. Waalaikumsalam wr. Wb
    Nama:Aulia Hamidah
    KElas:XI IPS1
    HADIR
    Terima kasih Atas Materinya bu

    BalasHapus
  19. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Nama:Dian Kusuma Putri
    Kelas: XI MIPA
    Ket: Hadir
    Terima Kasih atas materinya bu

    BalasHapus
  20. Walaikumssalam
    Sigit Dwianto
    XI MIPA
    Hadir

    BalasHapus
  21. Wa'alaikumsalam
    Alimil Hakim
    XI MIPA
    HADIR
    Terima kasih bu

    BalasHapus
  22. Waallaikumsallam warahmatullahi wa barakatuh
    Nama : ABDISYAFARI
    kelas : XI IPS 2
    HADIR BU
    terimakasih banyak atas materi yg telah di berikan bu

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum wr wb
    Nama: Rachmadhani
    Kelas: X IPS 2
    Keterangan: Hadir
    Terima kasih materinya bu..

    BalasHapus
  24. Wa'alaikumsalam wr.wb
    Nama:Enor
    Kelas:XI IPS 2
    Hadir
    Terima kasih atas materi yang ibu berikan

    BalasHapus
  25. Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Diana Fitria A
    XI IPS 1
    Hadir
    Terimakasih untuk materi yg ibu berikan.

    BalasHapus
  26. Waalaikumsalam wr wb
    Nama: Nova vitaloka
    Kelas: Xi MIPA
    Hadir
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  27. Wa’alaikumussalam wr. wb.
    Stepy Maulana
    Kls XI IPS 1
    Hadir^

    BalasHapus
  28. Waalaikumsalam wr. wb
    Ema Riani
    XI ips 2
    Hadir

    BalasHapus
  29. Wa'alaikumussalam wr. Wb
    Fadhilahnur Ramadhan
    XI MIPA
    Hadir
    Terima kasih atas materinya bu

    BalasHapus
  30. Wa'alaikumsalam Wr. Wb..
    Terimakasih materi nya, bu..
    Nama : Chinta Rahmania Putri
    Kelas : XI MIPA
    Keterangan : Hadir

    BalasHapus
  31. Waalaikumsalam Wr. Wb.
    Fahrul Setiawan
    XI MIPA
    HADIR

    Terima kasih atas materinya Bu.

    BalasHapus
  32. Waalaikumsalam wr. wb
    Nama: Asiyah
    Kelas: XI IPS 1
    Keterangan: Hadir
    Terimakasih materinya Bu

    BalasHapus
  33. Selamat Siang Bu...
    Terimakasih untuk materi yang ibu berikan
    Nama : Fenty Cristy
    Kelas : XI MIPA
    Ket : Hadir

    BalasHapus
  34. Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Nama : Nabilla Wafiq Azizah
    Kelas : XI MIPA
    Keterangan : hadir Bu👍🏻
    Terima kasih atas materi yang ibu berikan, materi tersebut sangat membantu saya dalam memahami materi kali ini Bu🙏🏻

    BalasHapus
  35. Wa'alaikumssalam Bu,

    Terimakasih Bu atas materinya yang sangat membantu

    Nama : M. Jumawan
    Kelas : XI MIPA
    Ket. : Hadir

    BalasHapus
  36. Nama:Ira Puspita Sari
    Kelas:Xl IPS 2
    Ket:HADIR

    BalasHapus
  37. Nama:agnes monika
    Kelas:XI mipa
    Keterangan:hadir bu
    Terimakasih atas materi yang ibu berikan,materi sangat membantu saya😍

    BalasHapus
  38. Nama : Mubasir
    Kelas : Cl MIPA
    Keterangan : Hadir
    Terimakasih atas materi yangbibu berikan, materinya sangat membantu saya

    BalasHapus
  39. Nama : Mubasir
    Kelas : Cl MIPA
    Keterangan : Hadir
    Terimakasih atas materi yangbibu berikan, materinya sangat membantu saya

    BalasHapus
  40. Walaikumsalam wr. Wb
    Nama : Fadhil Hidayah
    Kelas : XI MIPA
    Keterangan : Hadir
    Terimakasih Bu atas materi nya sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  41. Nama:Nur Indah
    Kelas:XI IPS 2
    keterangan:Hadir

    BalasHapus
  42. Nama:Nur Indah
    Kelas:XI IPS 2
    keterangan:Hadir

    BalasHapus
  43. Waalaikumsalam wr.wb.
    Nama: Rega Fazzahra
    Kelas: XI MIPA
    Ket: Hadir
    Terimakasih ibu atas materinya.. Sangat membantu saya

    BalasHapus
  44. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama:Selvyanti
    Kelas:XI MIPA
    Ket:Hadir
    Terimakasih bu materinya sangat membantu

    BalasHapus
  45. Waalaikumsalam wr.wb
    Nama : Miranda Febriyanti
    Kelas: XI MIPA
    Ket : Hadir
    Terimakasih atas materinya bu, sangat membantu

    BalasHapus
  46. Wa'alaikumussalam wr.wb
    Nama:Maria Ulfa Dwi damayanti
    Kelas:XI mipa
    Ket:hadir
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  47. Wa'alaikumus sallam wr.wb
    Nama:Melta Ayunitha
    Kelas:XI MIPA
    Ket:Hadir
    Terimakasih atas materinya Bu, sangat membantu.

    BalasHapus
  48. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh
    Nama : Siti Nabila
    Kelas : XI MIPA
    Hadir
    Terimakasih atas materinya bu,, mudah dipahami dan sangat membantu

    BalasHapus
  49. Wa'alaikumusalam Warahmatullahi Wabarokatu.
    Terimakasih atas materi yang telah ibu berikan
    Nama:Rina Huwatul Ayisah
    Kelas:XI MIPA
    Hadir

    BalasHapus
  50. Waalaikumusslam warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama: Ratna Wijayanti
    Kelas: XI MIPA
    Hadir..
    Terimakasih atas materinya bu

    BalasHapus
  51. Waalaikumssalam warahmatullahi wabarokatuh
    Nama: Marsa Musdalifah Saputri
    Kelas: XIMipa
    Hadir
    Terimakasih bu materinya

    BalasHapus
  52. Waalaikumsalam wr wb
    Nama:Lina Sari Agustina
    Kelas: XI MIPA
    Hadir
    Terimakasih Bu manteri nya

    BalasHapus
  53. Waalaikumsalam wr wb
    Nama:Lina Sari Agustina
    Kelas: XI MIPA
    Hadir
    Terimakasih Bu manteri nya

    BalasHapus
  54. Waalaikumsalam wr. Wb
    Nama : silvia elly rosana
    Kelas : XI IPS 1
    Hadir bu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer