PKWU XI SEMESTER 2 PERTEMUAN KE 2 KERAJINAN BANGUN RUANG

 b. Eksterior 

Sedangkan eksterior berarti hasil kerajinan bahan limbah kegunaannya di luar ruangan. Contoh kerajinan bahan limbah eksterior: 

-  Patung dari Kayu Bekas



Pemanfaatan kayu bekas juga bisa dilakukan untuk wirausaha kerajinan bahan limbah. Kayu-kayu bekas bisa dijadikan apapun, termasuk patung. Patung dari kayu bekas ini bukan dipahat, melainkan disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu rupa.

-  Tempat Sampah dari Ban Bekas


Selain bisa berguna untuk dijadikan ayunan yang sering kita jumpai, ternyata ban bekas juga bisa memiliki kegunaan lain. Yaitu dengan menyulapnya menjadi tempat sampah yang bisa menjaga lingkungan tetap bersih. 

-  Pot Bunga dari Botol Bekas


Kalau kamu pandai menggambar dan mewarnai, cobalah warnai botol bekas seindah mungkin dan jadikan botol bekas itu sebagai pot bunga. Dengan begitu kamu telah membuat sebuah pot bunga cantik.

c. Aksesoris/Perihasan 

Hasil kerajinan sebuah aksesoris souvenir atau perhiasan yang bisa digunakan di tubuh. Contoh kerajinan bahan limbah berbentuk aksesoris/perhiasan: 

-  Sandal dari ban bekas




Jika sebelumnya disebutkan bahwa ban bekas bisa dijadikan tempat sampah. Selanjutnya, kegunaan lain yang bisa diambil dari karet hitam ini adalah dengan menjadikannya sebuah sandal. Terlebih lagi, sandal dari ban bekas ini terkenal dengan ketahanannya. 

-   Anting, Gelang, Kalung dari Sisik Ikan atau Kulit Kerang


Limbah yang berasal dari ban bekas ini juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan. Karet ban bisa dimanfaatkan untuk dujadikan sebuah anting, gelang, bros, dan kalung. Bentuk dari ban ini tinggal kamu pola dan gunting hingga menjadi pernak pernik hiasan yang indah. 

-  Tas dari Plastik Bekas
                                                  Gambar 9. Tas dari limbah plastik 

Plastik, daripada membuang limbah yang sulit terurai ini, ada baiknya kamu memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna. Sampah plastik, khususnya plastik bekas kemasan ditergen bisa kamu ubah menjadi tas unik dengan nilai manfaat yang tinggi.

Dari keseluruhan kerajinan bahan limbah yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bebas memilih jenis kerajinan apa saja untuk wirausaha kamu. Yang terpenting adalah bagaimana kerativitasmu bermain di dalam karya yang kamu ciptakan dari bahan limbah ini serta percaya diri dalam manjalani wirausaha.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama: Nurhikmah
    Kelas:IX IPS 2
    Hadir

    BalasHapus
  3. Nama: Anisa Nurianti
    Kelas: XI Ips 2
    Hadir


    BalasHapus
  4. Nama: Nur Sintia Nabila
    Kelas: XI IPS 2
    Hadir

    BalasHapus
  5. Nama:Imelda Nur Anika
    Kelas:XI ips2

    BalasHapus
  6. Nama: Imelda Nur Anika
    Kelas:IXips2
    Hadir

    BalasHapus
  7. Kevin dimasty 23 January 2023 20:16

    BalasHapus
  8. Nama : Imelda Nurhidayah
    Kelas : XI MIPA

    BalasHapus
  9. rolis, m linas, Yuda
    XI IPS 2

    BalasHapus
  10. Muhammad rifani
    XI IPS 3

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer