MATERI KE DELAPAN PKWU X

Pertemuan kedelapan pkwu kelas x semester ganjil Tahun pelajaran 2020/2021. 

Pengampu mata pelajaran: Sri Mulyanti, S.Pd

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kami berharap anda semua dalam keadaan baik, sehingga kita bisa memulai pelajaran dengan lancar ya.

Materi kita kali ini adalah PERHITUNGAN BIAYA BUDIDAYA TANAMAN PANGAN

Setelah mempelajari materi ini peserta didik mampu:
1. Menghayati bahwa begitu banyak keanekaragaman tanaman pangan di Indonesia. Di mana setiap daerah mempunyai jenis tanaman pangan, terkadang sama atau tidak sama dengan lainnya.
2. Menghayati, percaya diri, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam membuat analisis kebutuhan akan adanya teknologi produksi yang baik dan tepat untuk setiap usaha dalam bidang Budi daya tanaman pangan.
3. simulasi wirausaha Budi daya tanaman pangan, sesuai dengan jenis tanaman pangan yang ada di daerahnya masing-masing, berdasarkan analisis keberadaan sumber daya yang ada dilingkungan sekitar. 
4. Mengidentifikasi dan memproduksi Budi daya tanaman pangan, sesuai dengan jenis yang ada di daerahnya masing-masing, meliputi teknik produksi, perhitungan biaya, sistem pemasaran, model promosi.
5. Mempresentasikan peluang dan perencanaan usaha sesuai pilihan Budi daya tanaman pangan yang dipilihnya dengan sungguh-sungguh dan percaya diri; pengembangan bisnis Budi daya tanaman pangan, meliputi teknik produksi, perhitungan harga, promosi dan pemasaran, sesuai dengan produk yang dipilihnya. 

Sebelum memulai literasi materinya 
Duduklah dengan nyaman dan pastikan charger terjangkau 
Isi absensi 5 menit, literasi materinya 25 menit, kemudian selesaikan evaluasinya dalam 30 menit. 
Waktu yang kita miliki adalah 2x 30 menit
Jadi bagilah waktunya dengan bijak 
Untuk absensi dan evaluasi bisa di kerjakan di classroom masing-masing. 
Dan biasakan memberi komentar ya 
Apa saja itu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kita kedepan.

Mari kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu !

 

 C. PERHITUNGAN BIAYA BUDIDAYA TANAMAN PANGAN

Suatu perencanaan  dalam usaha, selalu dibutuhkan perncanaan bisnis yang baik agar usaha yang dijalankan bisa berhasil dengan baik. Dimulai dengan pencarian ide, penentuan jenis usaha, lokasi usaha, kapan memulai usaha, target pasar, sampai strategi pemasarannya. Satu hal yang juga tidak kalah penting adalah masalah pengelolaan keuangan, termasuk di dalamnya perhitungan dari besaran biaya investasi dan operasional, sampai ketemu harga pokok produksinya, kemudian penentuan besran margin sehingga bisa ditentukan berapa harga jualnya. 

Perhitungan biaya produksi budidaya tanaman pangan pada dasarnya sma dengan perhitungan biaya suatu usaha pada umumnya. Biaya yang harus dimasukkan ke dalam perhitungan penentuan harga pokok produksi, yaitu biaya investasi, biaya tetap (listrik, air, penyusutan alat, dll), serta biaya tidak tetap (bahan baku, tenaga kerja dan overhead). Biaya bahan baku adalah biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku, baik bahan baku utama, bahan tambahan amupun bahan kemasan. 

Semua biaya tersebut adalah komponen yang akan menentukan harga pokok produksi suatu produk. Kuantitas produksi sangat memengaruhi harga pokok produksi, semakin besar kuantitasnya maka efesiensi akan semakin bisa ditekan, dan biaya yang dikeluarkan akan makin kecil. 

Harga jual prooduk adalah sejumlah harga yang dibebankan kepada konsumen yang dihitung dari biaya produksi dan biaya lain diluar produksi seperti biaya distribusi dan promosi. 

Biaya produksi adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk terjadinya produksi usaha, budidaya tanaman pangan. 

Unsur biaya produksi adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead. Secara umum, biaya overhead dibedakan atas biaya overhead tetap yaitu biaya overhead yang jumlahnya tidak berubah maupun jumlah produksinya berubah dan biaya overhead variabel, yaitu biaya overhead yang jumlahnya berubah secara proporsional sesuai dengan perubahan jumlah produksi. Biaya yang termasuk kedalam overhead adalah biaya listrik, bahan bakar minyak dan biaya-biaya lain yang dikeluarkan untuk mendukung proses produksi. Jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan tersebut menjadi Harga Pokok Produksi (HPP). 

Harga pokok produksi dihitung dari jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi sejumlah produk. Penetapan harga jual Produk diawali dengan penetapan HPP/satuan dari setiap produksi yang dilakukan. HPP/ unit adalah HPP dibagi dengan hasil produksi. Misalnya, pada satu kali produksi, seluruh biaya yang dikeluarkan adalah Rp5.000.000,-, dihasilkan 5.000 kg jagung. Maka, HPP/ kg jagung adalah Rp1.000,00.

Harga jual ditentukan dengan beberapa pertimbangan, yaitu bahwa harga jual harus sesuai dengan pasar sasaran yang dituju, mempertimbangkan harga jual dari pesaing dan target pencapaian Break Even Point (BEP) serta jumlah keuntungan yang didapatkan sebagai bagian dari strategi pengembangan wirausaha. 

Metode penetapan Harga Pokok Produksi secara teori dapat dilakukan dengan tiga pendekatan, berikut .

1. Pendekatan Permintaan dan Penawaran (Supply Demand Approach).

Dari tingkat permintaan dan penawaran yang ada ditentukan  harga keseimbangan (equilibrium price) dengan cara mencari harga yang mampu dibayar konsumen dan harga yang diterima produsen sehingga terbentuk jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. 

2. Pendekatan biaya (Cost Oriented Approach)

Menentukan harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan  produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis. 

3. Pendekatan pasar (market approach)

Merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variabel-variabel yang memengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik, persainga, sosial budaya, dan lain-lain.


Setelah mengetahui cara menentukan harga pokok produksi dan harga jual, maka komponen tersebut bisa dimasukkan kedalam sebuah proposal lengkap suatu usaha, atau biasa disebut proposal bisnis (business plan). Beberapa hal yang bisa masuk pada proposal bisnis seperti berikut.

Proposal usaha:

a. Deskripsi perusahaan

  • Deskripsi umum
  • Visi, misi, dan tujuan
  • Jenis usaha
  • Produk yang dihasilkan

b. Pasar dan pemasaran

  • Gambaran lingkungan usaha 
  • kondisi pasar (pasar sasaran, peluang pasar,  dan estimasi pangsa pasar)
  • Rencana pemasaran (penetapan harga, strategi pemasaran dan estimasi penjualan)

c. Aspek produksi

  • Deskripsi lokasi usaha
  • Fasilitas dan peralatan produksi
  • Kebutuhan tenaga kerja
  • Proses produksi
  • Kapasitas produksi
  • Biaya produksi

d. Aspek keuangan

  •  Biaya pemasaran, administrasi dan umum
  • Sumber pembiayaan dan penggunaan dana 
  • Perhitungan harga pokok produksi
  • Perhitungan harga jual
  • Proyeksi laba rugi

 D. Pemasaran Langsung Budi Daya Tanaman Pangan

Dalam pengembangan usaha budi daya tanaman pangan, selain aspek perencanaan usaha, produksi dan aspek perhitungan biaya, aspek pemasaran juga perlu mendapatkan perhatian agar tingkat keberhasilan usaha budi daya tanaman pangan lebih tinggi sehingga keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Strategi pemasaran yang tepat akan memperpendek sistem atau mata rantai perdagangan, sehingga lost of  benefit atau keuntungan yang hilang akibat panjangnya tata niaga perdagangan bisa dihindari. 

Proses akhir dari suatu rangkaian perencanaan usaha adalah pemasaran. Seringkali pemasaran dianggap sebagai ujung tombak suatu bisnis, walaupun semestinya semua tahap pada perencanaan bisnis tetap penting. Proses pemasaran tentu berhubungan dengan proses sebelumnya.

Definisi :

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi.

Banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk memasarkan produk Budi daya Tanaman Pangan. Pada tahap awal, pemilihan pemasaran secara langsung disarankan karena masih terbatasnya jangkauan pasar yang ada. Kedepannya, bisa dikembangkan sistem pemasaran lainnya. 

Sistem pemasaran langsung, ialah sistem pemasaran tanpa menggunakan perantara. Penjualan langsung juga terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya penjualan dengan mempunyai toko sendiri, atau sistem penjajaan langsung pada konsumen. Pemilihan sistem pemasaran yang tepat menjadi salah satu penentu keberhasilan dari penerimaan produk tersebut ditangan konsumen. 

Banyak sisi positif dari sistem pemasaran langsung, di antaranya penghematan waktu dan bisa memperkenalkan langsung produk kita kepada konsumen, tidak kebergantungan pada pihak lain, serta waktu yang fleksibel. 

Salah satu ujung tombak pemasaran adalah promosi. Berbagai media promosi bisa digunakan untuk membantu meningkatkan pemasaran dari produk Budidaya tanaman pangan. Media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk, tentu disesuaikan dengan kapasitas produksi yang sudah dibuat.

a. tahap pertama kenalkan produk kepada teman-teman dekat, teman sekolah, tetangga disekitar komplek, atau teman bermain. Berilah sedikit tes produk agar mereka bisa mencicipi supaya tertarik membeli. 

b. Bila produk mulai bisa diterima dan banyak penggemar, mulailah merambah pasar baru dengan menitipkannya diwarung, di toko, atau di kantin sekolah. 

c. Manfaatkanlah teknologi internet dan social network seperti FB, twiter, blog gratis atau website yang berbayar sebagai sarana penjualan yang lain, perbanyaklah teman dan follower. 

d. Gunakan penjualan yang kreatif yang hanya sedikit orang menjalaninya. Misalnya saat pasar kaget atau car free day. 

E. HASIL KEGIATAN USAHA BUDIDAYA TANAMAN PANGAN

Berbagai jenis budidaya tanaman pangan sudah dijelaskan. Setelah dipilih produk yang akan dijadikan pilihan wirausahanya, kemudian dibuat perencanaan bisnisnya, sistem pengolahan yang dipilih, serta perhitungan biaya yang dibutuhkan, termasuk penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual (HJ). 

Persiapan wirausaha adalah hal penting untuk dilakukan agar semua terencana dengan baik. Setelah semua sudah disiapkan, jangan pernah ditunda untuk segera dimulai. Hal terbesar itu dimulai dari hal yang kecil, dan dimulai saat ini. Seorang wirausaha itu seorang yang bisa menangkap peluang dengan cepat, bahkan seonggok rongsokan bisa dirubah menjadi sebongkah emas oleh seorang yang mempunyai jiwa wirausaha. Andakah satu diantaranya?

Seorang karyawan membangun karirnya dari nol sampai puncak karir, tetapi dia tetap tidak bisa mewariskan posisinya tersebut pada keluarganya. Namun, seorang wirausahawan, walaupun hanya mempunyai warung saja, dia adalah orang hebat karena sudah mampu memberikan warisan yang berharga untuk keluarganya.

Pilihan berwirausaha adalah pilihan cerdas. Saat kamu bekerja di suatu perusahaan /instansi, kamu sedang turut membantu membangun suatu istana. Sayangnya istana itu bukan milik Anda. Namun, saat kita memutuskan berwirausaha, kita sedang membangun istana milik kita sendiri. 


Sampai disini materi kita untuk semester ganjil.
Silahkan diselesaikan evaluasinya!
Dan jangan lupa tinggalkan komentarnya di kolom paling bawah.
Terus semangat ya!

Bila ada kekurangan atau kesalahan semua itu dari kami, namun bila ada kebaikan maka semua itu dari Tuhan Yang Maha Esa.
Jangan lupa untuk selalu Bersyukur kepadaNya

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 


Komentar

  1. Nama : Julia Syavitri
    Kelas : X MIPA

    Walaikumsalam Bu.
    Terima kasih materinya Bu, sangat jelas dan mudah dimengerti.

    BalasHapus
  2. Nama; Maria Ulfah
    Kelas:X IPS 2

    Waallaikumussalam Bu,
    Terimakasih banyak bu atas materi ke 8 ini Bu,ini sangat membantu bagi kami Bu.

    BalasHapus
  3. putri dhesty wulandari
    10 MiPA
    terimakasih bu materinya untuk menjawab soal

    BalasHapus
  4. Nama :Muhammad Rolie
    Kelas : X MIPA

    Walaikumsalam, Bu!
    Terimakasih untuk materinya sangat membantu sekali Bu!

    BalasHapus
  5. nama : perdianto amin
    kelas:X MIPA

    terima kasih Bu atas materinya sangat membantu saya

    BalasHapus
  6. NAMA : RIO SAPUTRA
    KELAS: X IPS 3
    Terimakasih atas materi yg ibu berikan,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Nama: rizky Adit iya
    Kelas: x ips 3

    BalasHapus
  8. Nama : Herlambang Dwi Siswanto
    Kelas : X MIPA

    Terima kasih materinya Bu, sangat membantu dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  9. Nama: Melani
    Kelas: X MIPA

    Walaikumsalam, Bu. Alhamdulillah materinya tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami seperti biasanya, Bu.

    BalasHapus
  10. Nama : Rizky Nuril Afandi
    Kelas: X MIPA
    Walaikumsalam wr.wb.
    terima kasih bu atas materi yg Ibu telah berikan,materinya sangat mudah di pahami dan di mengerti

    BalasHapus
  11. Nama: Emel sapitri
    Kelas: X ips1
    Waalaikum salam bu,materi yang ibu berikan mudah untuk dipahami terimakasih bu

    BalasHapus
  12. Nama:wahyudinor
    Kelas:x mipa
    Walaikumsalam bu.. Alhamdulillah materi yg ibu berikan sangat membantu dan mudah dipahami..

    BalasHapus
  13. Nama:lira sapira
    Kelas:x mipa
    Waalaikumsalam wr.wb.terima kasih atas materi yang di berikan ibu sangat membantu

    BalasHapus
  14. Nama : Muhammad Fatahillah
    Kelas : X MIPA
    Waalaikumsalam, Bu! Terima kasih atas materinya Bu.

    BalasHapus
  15. Nama; SELVIYANI
    Kls; X IPS 3

    Waallaikumssalam Wr.Wb Terima Kasih Atas Materinya Yang Telah Ibu Berikan Allhamdulillah Materi Nya Cukup Mudah Untuk Di Pahami 🙏

    BalasHapus
  16. Nama:Deswita Maharani
    Kelas:X MIPA
    Waalaikumsalam,Bu! Terimakasih atas Materi yang telah ibu berikan sangat membantu.

    BalasHapus
  17. Nama:dedi hermanto
    Kelas:X IPS 2

    waalaikumsalam wr.wb terima kasih atas materinya bu

    BalasHapus
  18. Nama: Feri Irawan
    Kelas: X IPS 1

    Waalaikumusallam wr.wb terima kasih bu atas materi nya

    BalasHapus
  19. Nama :wulandari
    Kelas:X IPS2

    Walaikumsalam wr.wb Terima kasih bu atas materi yang ibu berikan Sangat membantu

    BalasHapus
  20. nama:alprido rivaldo simbolon
    kls:xmipa

    wa'alaikumussalam,terima kasih bu atas materinya

    BalasHapus
  21. Nama:fala tansa khumairah
    Kelas:X MIPA

    Waalaikummussalam wr. Wb
    Terimakasih atas materinya bu sangat membantu saya bu

    BalasHapus
  22. Nama:fala tansa khumairah
    Kelas:X MIPA

    Waalaikummussalam wr. Wb
    Terimakasih atas materinya bu sangat membantu saya bu

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama: MUKARAMAH
    Kelas: X MIPA

    Waalaikumussalam
    Terima kasih Bu,materi ini menambah pengetahuan dan wawasan saya.
    Serta kalimat di bagian akhir yang memotivasi untuk selalu berusaha.

    BalasHapus
  25. Nama: Devi Aprilia
    Kelas: X MIPA

    Waalaikumsalam, Bu.
    Terimakasih bu materinya sangat membantu.

    BalasHapus
  26. Nama: Mulida Aulia
    Kelas : X MIPA

    Wa'alaikumussalaam warahmatullahi wabarakatuh
    Materi yang ibu berikan mudah untuk dipahami dan sangat membantu
    Terimakasih,Bu!

    BalasHapus
  27. Nama : Wisnu Ananda
    Kelas : x mipa
    Terima kasih bu, atas materinya

    BalasHapus
  28. Nama:MARSANDA
    KELAS:X IPS 3
    HADIR



    WALAIKUMSALAM ,MKSIH ATAS METERI NY BU

    BalasHapus
  29. Nama : Ramadha Delia
    Kelas : X MIPA
    Terimakasih bu atas materinya mudah dipahami untuk dipelajari

    BalasHapus
  30. Nama : Muhamad Danar Pridana
    Kelas: X IPS 1
    Walaikumsalam wr WB Bu!
    Terima kasih bu materinta sangat membantu.

    BalasHapus
  31. Nama:risman
    Kelas;x ips 2
    Walaikumaslam wr wb Bu.
    Terimakasih bu materinya sangat mebantu.

    BalasHapus
  32. Nama : M. Akbar avrilian
    Kelas: X MIPA
    Walaikumsalam wr WB Bu!
    Terima kasih bu materinta sangat membantu.

    BalasHapus
  33. Nama : Trisna Olivia Azizah
    Kelas : X MIPA
    Waalaikumsalam wr wb,Bu!
    Terimakasih atas materinya,Bu.sangat membantu

    BalasHapus
  34. Nama:maya lestari
    Kelas:ips1
    Mksih atas materinya Bu

    BalasHapus
  35. Nama:Nupita
    Kelas :X IPS 1
    Waalaikumsallam wr.wb
    Makasih bu,,,, atas materi yang ibu berikan sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas.

    BalasHapus
  36. Nama:Davina Putri Shava Felisa
    Kelas:X IPS 2

    Terimakasih atas materinya Bu,
    Sangat membantu

    BalasHapus
  37. Nama:Davina Putri Shava Felisa
    Kelas:X IPS 2

    Terimakasih atas materinya Bu,
    Sangat membantu

    BalasHapus
  38. Nama: Wanda Rahmadany
    Kelas: X MIPA

    Terimakasih atas materinya Bu,
    Sangat membantu

    BalasHapus
  39. Nama:ramadhan
    Kelas:XMIPA

    Terima kasih bu atas materi yg ibu berikan dengan materi ini saya bisa paham tentang perhitungan budidaya tanam pangan

    BalasHapus
  40. Nama : Muhammad Arifin Ilham
    Kelas : X MIPA
    Terima kasih atas materinya Bu,

    BalasHapus
  41. Nama:Saniah
    Kelas:X MIPA

    Terima kasih atas materinya Bu,
    Sangat membantu

    BalasHapus
  42. Nama: norlatifah
    Kelas: X IPS 2

    Terima kasih atas materi yang ibu berikan alhamdulilah sangat membantu

    BalasHapus
  43. Nama : Iqbal Saputra
    Kelas:x MIPA

    BalasHapus
  44. Nama: Wanda Rahmadany
    Kelas: X MIPA

    Terimakasih atas matertinya Bu, sangat membantu

    BalasHapus
  45. Nama:Suci Ramadani Putri
    Kelas: X IPS 3
    Terimaksih atas materi yg ibu berikan saya cukup paham

    BalasHapus
  46. Nama:maya lestari
    Kelas:ips1
    Mksih atas materi ya Bu

    BalasHapus
  47. Nama : trisna Olivia Azizah
    Kelas : x MIPA
    Makasih atas materinya bu

    BalasHapus
  48. Nama Muhammad ghifaro riskia putra firdaus
    Kelas x IPS 1
    Sangat membantu terima kasih bu

    BalasHapus
  49. Nama: Rahmad Fiky
    Kelas: X MIPA
    Materi sangat membantu dalam mengerjakan tugas

    BalasHapus
  50. Nama:Novia agustina
    Kelas:x ips 3
    Materi sangat membantu🙏

    BalasHapus
  51. Nama: Siti Rahmawati
    Kelas: X MIPA
    Materi sangat membantu dalam mengerjakan tugas

    BalasHapus
  52. Nama: Rahmawati
    Kelas: X MIPA
    Terimakasih bu, sangat membantu

    BalasHapus
  53. Nama : Gita Keziana
    Kelas : X MIPA
    Terimakasih materinya, Bu

    BalasHapus
  54. keren bu
    Nama : Ahmad Habibi
    Kelas : X MIPA

    BalasHapus
  55. NAMA: MUHAMMAD ZACKY
    KELAS: X MIPA
    Terima kasih Bu,materi ini sangat membantu

    BalasHapus
  56. Nama:Ramli
    Kelas: XMIPA
    Terima kasih Bu,sangat membantu

    BalasHapus
  57. Nama :M.ILHAM IRWANSYAH
    Kelas:X MIPA
    Terima kasih bu materinya sangat membantu

    BalasHapus
  58. Nama : Fatih Muharram
    Kelas : X MIPA

    BalasHapus
  59. Nama : Adistia Selymita
    Kelas : X MIPA

    BalasHapus
  60. Nama: Joshua Eka Harap S
    Kelas:X MIPA

    BalasHapus
  61. Nama: Ade Diotama Putra
    Kelas:X IPS 2
    Hadir
    Terimakasih bu atas materinya

    BalasHapus
  62. Nama :hendri kurniawan
    Kelas :x ips 3

    BalasHapus
  63. Nama : HERU ANWAR
    Kelas : X IPS 3

    BalasHapus
  64. Nama : Risda Casmiya
    Kelas : X IPS 4

    BalasHapus
  65. Nama : Novia Anggraini
    Kelas : X IPS 4

    BalasHapus
  66. Nama : Yunita Tri Murti
    Kelas : X MIPA
    Terima kasih, bu
    Materi singkat dan mudah di pahami

    BalasHapus
  67. Nama : M.fahruraji
    Kelas : X MIPA
    Terima kasih, bu
    Materi sangat membantu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer