PKWU XI Pertemuan 2 Ganjil

 

Materi Prakarya 

Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi

A. Perencanaan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi

Melanjutkan materi dari pertemuan 1

3. Perencanaan usaha Pembenihan Ikan Konsumsi

Perencanaan usaha pada umumnya memuat pokok pokok pikiran sebagai berikut:
 
a. Nama perusahaan
 
Pemilihan nama perusahaan harus dipikir baik-baik karena berdampak jangka  panjang.  Pemberian  nama  harus  berorientasi  ke  depan,  tidak  hanya  pada faktor-faktor yang kekinian.
 
b. Lokasi
 
Lokasi   terbagi   atas   lokasi   perusahaan,   lokasi   pertokoan,dan   lokasi   pabrik/industri.  Ada  2  hal  yang  harus  diperhatikan  dalam  pemilihan  lokasi  yaitu :
 
1) Backward  linkage  atau  disebut  pertalian  ke  belakang,  yaitu  bagaimana  sumber  daya  (resources)  yang  akan  digunakan.  Termasuk  dalam  hal  ini  adalah  bahan  baku,tenaga  kerja,  suasana,  dan  kondisi  masyarakat  setempat.
 
2) Forward linkage atau disebut pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi. Apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi.
 
c. Komoditi yang diusahakan 
 
Pemilihan  komoditi  yang  akan  diusahakan  dapat  mempertimbangkan  hal-hal sebagai berikut :
 
1) Membanjirnya permintaan masyarakat terhadap jenis-jenis hasil usaha tertentu, baik berupa barang-barang ataupun jasa.
 
2) Teridentifikasinya  kebutuhan  tersembunyi  masyarakat  akan  barang-barang atau jasa tertentu.
 
3) Kurangnya saingan dalam bidang usaha yang kita kerjakan.
 
4) Adanya  kemampuan  yang  meyakinkan  untuk  bersaing  usaha  dengan  orang lain dalam mengembangkan suatu bidang usaha yang sama.

d. Konsumen yang dituju
 
Prospek konsumen ini didasarkan atas bentuk usaha dan jenis usahanya. Jika jenis usaha yang dijalankan berbentuk industri tentu jangkauan konsumen yang dituju lebih jauh dibandingkan dengan usaha bentuk pertokoan.
 
e. Pasar tujuan
 
Sebuah  perusahaan  yang  mulai  memasuki  pasar  akan  menempatkan  perusahaannya  sebagai  pemimpin  pasar  (market  leader),  penantang  pasar  (market  challenger),  pengikut  pasar  (market  follower),  atau  perelung  pasar  (market  nicher).  Penguasaan  pasar  dalam  arti  menyebarluaskan  produk  merupakan  faktor  menentukan  dalam  pengembangan  usaha.  Agar  pasar  dapat  dikuasai  maka  kualitas  dan  harga  barang  harus  sesuai  dengan  selera  konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
 
f. Partner yang diajak kerjasama
 
Partnership adalah suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha mencari keuntungan. Walaupun persekutuan ini banyak dilakukan dalam bidang usaha yang mencari laba, tetapi ada juga persekutuan  yang  dibentuk  tidak  untuk  mencari  laba.  Bentuk  partnership  dapat  mengatasi  beberapa  kelemahan  yang  terdapat  pada  bentuk  usaha  perseorangan.
 
g .Personil yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan 
 
Pilihlah seseorang untuk menjalankan perusahaan karena kejujurannya.
 
h. Jumlah modal yang diharapkan dan yang tersedia
 
Pada  umumnya  pengusaha  pemula  pada  saat  akan  mendirikan  usaha,  jumlah modal yang tersedia sangat minim. Modal utama adalah semangat dan kejujuran.  Jika  modal  yang  dimiliki  pengusaha  sangat  terbatas,  maka  dapat  dilakukan  kerja  sama  dengan  partner,  yang  masing-masing  menyetorkan  modalnya.  Semua  sumber  dan  kemampuan  pengumpulan  modal  ini  harus  ditulis. 
 
i. Peralatan perusahaan yang perlu disediakan
 
Peralatan  yang  perlu  disediakan  adalah  sesuai  dengan  kepentingan  usaha. Peralatan usaha pertokoan, akan berbeda dengan usaha kerajinan dan industri. Untuk pertama kali membuka usaha, pikirkan peralatan yang sangat diperlukan. Peralatan yang tidak begitu diperlukan peggunaannya sebaiknya tidak dibeli terlebih dahulu, sebab akan mengganggu uang kas. Ada dua hal yang  dipertimbangkan  dalam  menyediakan  peralatan  yaitu  ekonomis  dan  prestise.

j. Penyebaran promosi
 
Sebagai  suatu  usaha  baru,  tentu  belum  dikenal  oleh  masyarakat.  Oleh  sebab   itu,   harus   direncanakan   apakah   usaha   ini   perlu   diperkenalkan/dipromosikan   atau   tidak.   Jika   akan   dipromosikan   harus   direncanakan   bentuk promosi, tempat/media mempromosikan, keunggulan apa yang akan ditunjukkan.
 

4. Kebutuhan pasar terhadap Benih Ikan Konsumsi

Sumberdaya  perikanan  Indonesia  dibagi  menjadi  dua  kategori  yaitu  perikanan  tangkap  dan  perikanan  budidaya.  Potensi  perikanan  di  Indonesia  masih  belum  dimanfaatkan secara optimal, namun produksi budi daya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kenaikan jumlah produksi ikan berpengaruh langsung terhadap kenaikan konsumsi ikan penduduk Indonesia per kapita per tahun. 

Tingkat  konsumsi  ikan  penduduk  Indonesia  pada  tahun  2001  sebesar  9,96  kg/kapita/tahun meningkat menjadi 17,01 kg/kapita/tahun pada tahun 2005. Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (2013), tingkat konsumsi ikan pada tahun  2010  -  2012  rata-rata  mengalami  kenaikan  hingga  5,44  persen.  Pada  tahun  2010,  tingkat  konsumsi  ikan  mencapai  30,48  kg/kapita  per  tahun,  pada  tahun  2011  sebanyak 32,25 kg/kapita per tahun, sedangkan pada tahun 2012, tingkat konsumsi ikan  mencapai  33,89  kg/kapita  per  tahun.  Kecenderungan  tersebut  mendorong  berkembangnya   usaha-usaha   perikanan   budi   daya,   mulai   dari   pembenihan,   pemeliharaan,  pengemasan,  dan  pemasaran.  Hal  tersebut  menunjukkan  bahwa  kebutuhan benih ikan terus meningkat, sehingga dipastikan usaha pembenihan akan terus  berkembang  dengan  pesat.  Alasan  lain  menyartakan  bahwa  sebagian  besar  pembudi daya ikan menganggap budi daya pembenihan ikan lebih menguntungkan dibandingkan pembesaran. Salah satu usaha pembenihan ikan yang berkembang di Indonesia adalah ikan lele.

Lele adalah salah satu jenis ikan yang bergizi tinggi, sehingga mampu mendukung asupan masyarakat untuk konsumsi ikan yang kaya akan omega 3. Lele merupakan jenis  ikan  yang  digemari  masyarakat,  walaupun  sebelum  tahun  1990-an  ikan  lele  belum begitu popular sebagai makanan lezat, namun oleh warung-warung pecel lele menjadi makanan popular yang merakyat dan menyebar ke mana-mana. Berdasarkan data  Bank  Indonesia  (2010),  dengan  produksi  benih  per  hari  lebih  dari  175.000  benih lele membuktikan bahwa Kabupaten Boyolali menjadi salah satu sentra usaha pembenihan ikan lele di Indonesia. Namun jika dikaitkan dengan kebutuhan benih lele di wilayah ini yang  mencapai lebih dari 300.000 benih per hari membuat peluang usaha pembenihan  semakin terbuka.
 
 
 

Komentar

  1. Nama : SELVIYANI
    Kelas :XI IPS 3
    Soal : sumber daya perikanan Indonesia di bagi menjadi berapa kategori?
    Jawab : 2 kategori yaitu perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

    Sekian terima kasih ibu, materi yg ibu berikan cukup membantu pembelajaran 🙏

    BalasHapus
  2. Nama:Marshanda
    Kelas: XI IPS 3
    soal:apa saja pokok-pokok perancangan usaha pembenihan ikan konsumsi?

    Jawab:a.nama perusahaan
    b.lokasi
    c.komoditi yng diusahakan
    d.konsumen yng dituju
    e.pasar tujuan
    f.fatner yng diajak kerja sama
    g.personil yng dipercaya untuk menjalankan perusahaan.
    h.jumlah modal yng diharapkan dan yng tersedia.


    Sekian terima kasih bu,meteri nya sangat membantu🙏🏻

    BalasHapus
  3. Nama : NUR HADI KUSUMA
    Kelas : XI IPS 2

    Soal : Sumberdaya perikanan Indonesia dibagi menjadi dua kategori yaitu.

    Jawaban : 1.perikanan tangkap yaitu ikan yang kita ambil dari lautan kita terus kita mengambil keuntungan dari hal tersebut entah untuk makanan atau di jual
    contohnya. kita mancing ikan di lautan terus bawa kerumah untuk d goreng

    2.perikanan budidaya yaitu perikanan yg kita tangkap bukan untuk d makan melainkan untuk di pelihara
    contohnya.. kita tangkap ikan emas di danau, dan kita pelihara di rumah kita

    Sekian terima kasih Bu, meteri nya sangta membantu.

    BalasHapus
  4. Nama:Amelia Fitri
    Kelas:XI ips 2

    Soal:
    Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi yaitu..

    Jawaban:
    1.Backward linkage atau disebut pertalian kebelakang
    2.Forward linkage atau disebut pertalian kedepan.

    terimakasih bu sekian dri saya ,atas materi yg ibu berikan sangatlah membantu dan juga dpt dipahami

    BalasHapus
  5. Nama : Davina Putri Shava Felisa
    Kelas : XI IPS 2

    Soal:
    Lokasi terbagi atas...?
    Jawab:1). lokasi Perusahaan
    2).lokasi Pertokoan
    3).lokasi Pabrik

    BalasHapus
  6. NAMA:WAIS ALQARNI
    KELAS:XI IPS 3
    SOAL
    JELASKAN SALAH SATU DARI POKOK²PIKIRAN PERENCANAAN USAHA PADA UMUM NYA(MINIMAL 2)
    JAWABAN:
    1.Konsumen yang Di Tuju prospek Konsumen Ini Di Dasarkan atas Bentuk Usaha Dan Jenis Usaha Nya .Jika Jenis Usaha Yang Di Jalankan Berbentuk industri Tentu Jangkauan Konsumen Yang Di Tuju Lebih Di Bandingkan Dengan Usaha Bentuk Pertokoan.
    2.Lokasi
    Lokasi Terbagi Atas Lokasi Perusahaan, Lokasi Pertokoan Dan Lokasi Pabrik/Industri.Ada 2 hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Pemilihan Lokasi yaitu :1.Backward Linkage Atau Di Sebut Pertalian Ke Belakang, Yaitu Bagaimana Sumber Daya (Resource)Yang Akan Di Gunakan.
    2.Forward Linkage Atau Di Sebut pertalian Ke Depan, Yaitu Daerah Pemasaran Hasil Produksi.

    Terima Kasih Banyak Bu,Materi Yang Ibu Berikan Sangatlah Membantu Bagi Siswa

    BalasHapus
  7. Nama:Inelsa Rahmawati
    Kelas:Xl IPS 3

    Soal:
    Apa yang dimaksud dengan Backward linkage?
    Jawab:
    Backward linkage atau disebut pertalian ke belakang, yaitu bagaimana sumber daya (resources) yang akan digunakan. Termasuk dalam hal ini adalah bahan baku,tenaga kerja, suasana, dan kondisi masyarakat setempat.

    BalasHapus
  8. nama :Ramudi
    kelas:xlips3

    soal:ada2hal yang harus diperhatikan dalam
    pemilihan lokasi yaitu
    jawab :1Backward lingkage atau disebut pertalian kebelakang yaitu
    bagaimana sumber daya (resources ) yang akan digunakan termasuk dalam hal ini adalah bahan baku tenaga kerja suasana dan kondisi masyarakat setempat

    2forward linkage atau disebut pertalian kedepan daerah
    pemasaran hasil produksi apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi

    BalasHapus
  9. Nama: RESI PERMATA SARI
    Kelas:XI ips 2
    Soal:
    Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi yaitu..


    1) Backward linkage atau disebut pertalian ke belakang, yaitu bagaimana sumber daya (resources) yang akan digunakan.

    2) Forward linkage atau disebut pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi.

    Terimakasih bu atas materi yang ibu berikan sangat mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  10. Nama: halimatus sadiyah
    Kelas:XI IPS 2

    Soal:lokasi terbagi atas 3 yaitu!
    Jawab:1.lokasi perusahaan
    2.lokasi pabrik
    3.lokasi pertokoan

    BalasHapus
  11. Nama:wulandari
    Kelas:XI IPS 2

    Soal:apa yang dimaksud Partnership?
    Jawab:adalah suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha mencari keuntungan.

    BalasHapus
  12. Nama : Suci Ramadani Putri
    Kelas: XI IPS 3

    SOAL:
    Apa yang di maksud dengan Forward linkage?
    JAWAB;
    Forward linkage atau disebut pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi. Apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi.

    BalasHapus
  13. Waallaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh 🙏
    Nama; Maria Ulfah
    Kelas:XI IPS 2

    Terimakasih Bu atas materinya!🙏

    Soal;
    Apa yang dimaksud dengan partneship?
    Jawab;
    -partnership adalah suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha mencari keuntungan.

    BalasHapus
  14. Nama:Sidik maulana
    Kelas:XI IPS 2

    Soal


    1.Tingkat konsumsi ikan penduduk Indonesia pada tahun 2001 sebesar...?
    Jawab : 9,96 kg

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Nama : Rahmida
    Kelas : XI IPS 2
    Soal
    1) Sebuah perusahaan mulai memasuki pasar yang akan menempatkan perusahaannya sebagai...?
    Jawab : pemimpin pasar (market leader), penantang pasar (market challenger), pengikut pasar (market follower), atau perelung pasar (market nicher).

    BalasHapus
  17. Nama:erlianty
    Kelas:XIips²
    Soal
    1.forward linkage atau disebut pertalian kedepan daerah
    pemasaran hasil produksi apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi

    BalasHapus
  18. Nama : Ratna Sari
    Kls : XI IPS 3
    Soal
    1} sebutkan 2 hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi yaitu :

    Jawab


    1) Backward linkage atau disebut pertalian ke belakang, yaitu bagaimana sumber daya (resources) yang akan digunakan. Termasuk dalam hal ini adalah bahan baku,tenaga kerja, suasana, dan kondisi masyarakat setempat.

    2) Forward linkage atau disebut pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi. Apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi.

    BalasHapus
  19. Nama:Novia agustina
    Kelas:XI IPS 3

    BalasHapus
  20. Nama:M.HAIR LANGGA EPP
    Kelas:XI IPS3

    BalasHapus
  21. Nama:Maya nor Safitri
    Kelas: XI IPS 3
    Ket: Hadir

    Kerajinan yang terbuat dari limbah, yang memanfatkan dan menggunakan limbah basah yang berasal dari makhluk hidup adalah limbah…
    a. organik
    b. rumah tangga
    c. basah
    d. anorganik
    e. tekstil
    Jawab: a. organik

    BalasHapus
  22. Nama :Rizky aditiya
    Kelas:XI IPS 3
    Ket :Hadir
    Apa yang dimaksud dengan pasar tujuan
    Penguasaan pasar dalam arti menyebarluaskan produk merupakan faktor menentukan dalam pengembangan usaha. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.awab:

    BalasHapus
  23. NAMA: RIO SAPUTRA
    KLS : XI IPS 3

    Contoh limbah berikut yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan

    Daun pisang

    BalasHapus
  24. Nama : Rahmida
    Kelas : XI IPS 2

    Soal
    Lokasi terbagi atas.....
    Jawab : lokasi perusahaan, lokasi pertokoan,dan lokasi pabrik/industri.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer