PKWU XI Pertemuan 2 Ganjil
Materi Prakarya
Budidaya Pembenihan Ikan Konsumsi
A. Perencanaan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
Melanjutkan materi dari pertemuan 1
3. Perencanaan usaha Pembenihan Ikan Konsumsi
Perencanaan usaha pada umumnya memuat pokok pokok pikiran sebagai berikut:
a. Nama perusahaan
Pemilihan
nama perusahaan harus dipikir baik-baik karena berdampak jangka
panjang. Pemberian nama harus berorientasi ke depan, tidak
hanya pada faktor-faktor yang kekinian.
b. Lokasi
Lokasi
terbagi atas lokasi perusahaan, lokasi pertokoan,dan
lokasi pabrik/industri. Ada 2 hal yang harus diperhatikan
dalam pemilihan lokasi yaitu :
1) Backward linkage
atau disebut pertalian ke belakang, yaitu bagaimana sumber
daya (resources) yang akan digunakan. Termasuk dalam hal ini
adalah bahan baku,tenaga kerja, suasana, dan kondisi masyarakat
setempat.
2) Forward linkage
atau disebut pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi.
Apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi.
c. Komoditi yang diusahakan
Pemilihan komoditi yang akan diusahakan dapat mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
1) Membanjirnya permintaan masyarakat terhadap jenis-jenis hasil usaha tertentu, baik berupa barang-barang ataupun jasa.
2) Teridentifikasinya kebutuhan tersembunyi masyarakat akan barang-barang atau jasa tertentu.
3) Kurangnya saingan dalam bidang usaha yang kita kerjakan.
4)
Adanya kemampuan yang meyakinkan untuk bersaing usaha dengan
orang lain dalam mengembangkan suatu bidang usaha yang sama.
d. Konsumen yang dituju
Prospek
konsumen ini didasarkan atas bentuk usaha dan jenis usahanya. Jika
jenis usaha yang dijalankan berbentuk industri tentu jangkauan konsumen
yang dituju lebih jauh dibandingkan dengan usaha bentuk pertokoan.
e. Pasar tujuan
Sebuah perusahaan yang mulai memasuki pasar akan menempatkan perusahaannya sebagai pemimpin pasar (market leader), penantang pasar (market challenger), pengikut pasar (market follower), atau perelung pasar (market nicher).
Penguasaan pasar dalam arti menyebarluaskan produk merupakan
faktor menentukan dalam pengembangan usaha. Agar pasar dapat
dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan
selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
f. Partner yang diajak kerjasama
Partnership
adalah suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk
menjalankan suatu usaha mencari keuntungan. Walaupun persekutuan ini
banyak dilakukan dalam bidang usaha yang mencari laba, tetapi ada juga
persekutuan yang dibentuk tidak untuk mencari laba. Bentuk
partnership dapat mengatasi beberapa kelemahan yang terdapat
pada bentuk usaha perseorangan.
g .Personil yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan
Pilihlah seseorang untuk menjalankan perusahaan karena kejujurannya.
h. Jumlah modal yang diharapkan dan yang tersedia
Pada
umumnya pengusaha pemula pada saat akan mendirikan usaha,
jumlah modal yang tersedia sangat minim. Modal utama adalah semangat dan
kejujuran. Jika modal yang dimiliki pengusaha sangat terbatas,
maka dapat dilakukan kerja sama dengan partner, yang
masing-masing menyetorkan modalnya. Semua sumber dan kemampuan
pengumpulan modal ini harus ditulis.
i. Peralatan perusahaan yang perlu disediakan
Peralatan
yang perlu disediakan adalah sesuai dengan kepentingan usaha.
Peralatan usaha pertokoan, akan berbeda dengan usaha kerajinan dan
industri. Untuk pertama kali membuka usaha, pikirkan peralatan yang
sangat diperlukan. Peralatan yang tidak begitu diperlukan peggunaannya
sebaiknya tidak dibeli terlebih dahulu, sebab akan mengganggu uang kas.
Ada dua hal yang dipertimbangkan dalam menyediakan peralatan yaitu
ekonomis dan prestise.
j. Penyebaran promosi
Sebagai
suatu usaha baru, tentu belum dikenal oleh masyarakat. Oleh
sebab itu, harus direncanakan apakah usaha ini perlu
diperkenalkan/dipromosikan atau tidak. Jika akan
dipromosikan harus direncanakan bentuk promosi, tempat/media
mempromosikan, keunggulan apa yang akan ditunjukkan.
4. Kebutuhan pasar terhadap Benih Ikan Konsumsi
Sumberdaya
perikanan Indonesia dibagi menjadi dua kategori yaitu perikanan
tangkap dan perikanan budidaya. Potensi perikanan di Indonesia
masih belum dimanfaatkan secara optimal, namun produksi budi daya
terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kenaikan jumlah
produksi ikan berpengaruh langsung terhadap kenaikan konsumsi ikan
penduduk Indonesia per kapita per tahun.
Tingkat
konsumsi ikan penduduk Indonesia pada tahun 2001 sebesar 9,96
kg/kapita/tahun meningkat menjadi 17,01 kg/kapita/tahun pada tahun 2005.
Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (2013),
tingkat konsumsi ikan pada tahun 2010 - 2012 rata-rata mengalami
kenaikan hingga 5,44 persen. Pada tahun 2010, tingkat konsumsi
ikan mencapai 30,48 kg/kapita per tahun, pada tahun 2011
sebanyak 32,25 kg/kapita per tahun, sedangkan pada tahun 2012, tingkat
konsumsi ikan mencapai 33,89 kg/kapita per tahun. Kecenderungan
tersebut mendorong berkembangnya usaha-usaha perikanan budi
daya, mulai dari pembenihan, pemeliharaan, pengemasan, dan
pemasaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan benih ikan
terus meningkat, sehingga dipastikan usaha pembenihan akan terus
berkembang dengan pesat. Alasan lain menyartakan bahwa sebagian
besar pembudi daya ikan menganggap budi daya pembenihan ikan lebih
menguntungkan dibandingkan pembesaran. Salah satu usaha pembenihan ikan
yang berkembang di Indonesia adalah ikan lele.
Lele
adalah salah satu jenis ikan yang bergizi tinggi, sehingga mampu
mendukung asupan masyarakat untuk konsumsi ikan yang kaya akan omega 3.
Lele merupakan jenis ikan yang digemari masyarakat, walaupun
sebelum tahun 1990-an ikan lele belum begitu popular sebagai
makanan lezat, namun oleh warung-warung pecel lele menjadi makanan
popular yang merakyat dan menyebar ke mana-mana. Berdasarkan data Bank
Indonesia (2010), dengan produksi benih per hari lebih dari
175.000 benih lele membuktikan bahwa Kabupaten Boyolali menjadi salah
satu sentra usaha pembenihan ikan lele di Indonesia. Namun jika
dikaitkan dengan kebutuhan benih lele di wilayah ini yang mencapai
lebih dari 300.000 benih per hari membuat peluang usaha pembenihan
semakin terbuka.
Nama : SELVIYANI
BalasHapusKelas :XI IPS 3
Soal : sumber daya perikanan Indonesia di bagi menjadi berapa kategori?
Jawab : 2 kategori yaitu perikanan tangkap dan perikanan budidaya.
Sekian terima kasih ibu, materi yg ibu berikan cukup membantu pembelajaran 🙏
Nama:Marshanda
BalasHapusKelas: XI IPS 3
soal:apa saja pokok-pokok perancangan usaha pembenihan ikan konsumsi?
Jawab:a.nama perusahaan
b.lokasi
c.komoditi yng diusahakan
d.konsumen yng dituju
e.pasar tujuan
f.fatner yng diajak kerja sama
g.personil yng dipercaya untuk menjalankan perusahaan.
h.jumlah modal yng diharapkan dan yng tersedia.
Sekian terima kasih bu,meteri nya sangat membantu🙏🏻
Nama : NUR HADI KUSUMA
BalasHapusKelas : XI IPS 2
Soal : Sumberdaya perikanan Indonesia dibagi menjadi dua kategori yaitu.
Jawaban : 1.perikanan tangkap yaitu ikan yang kita ambil dari lautan kita terus kita mengambil keuntungan dari hal tersebut entah untuk makanan atau di jual
contohnya. kita mancing ikan di lautan terus bawa kerumah untuk d goreng
2.perikanan budidaya yaitu perikanan yg kita tangkap bukan untuk d makan melainkan untuk di pelihara
contohnya.. kita tangkap ikan emas di danau, dan kita pelihara di rumah kita
Sekian terima kasih Bu, meteri nya sangta membantu.
Nama:Amelia Fitri
BalasHapusKelas:XI ips 2
Soal:
Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi yaitu..
Jawaban:
1.Backward linkage atau disebut pertalian kebelakang
2.Forward linkage atau disebut pertalian kedepan.
terimakasih bu sekian dri saya ,atas materi yg ibu berikan sangatlah membantu dan juga dpt dipahami
Nama : Davina Putri Shava Felisa
BalasHapusKelas : XI IPS 2
Soal:
Lokasi terbagi atas...?
Jawab:1). lokasi Perusahaan
2).lokasi Pertokoan
3).lokasi Pabrik
NAMA:WAIS ALQARNI
BalasHapusKELAS:XI IPS 3
SOAL
JELASKAN SALAH SATU DARI POKOK²PIKIRAN PERENCANAAN USAHA PADA UMUM NYA(MINIMAL 2)
JAWABAN:
1.Konsumen yang Di Tuju prospek Konsumen Ini Di Dasarkan atas Bentuk Usaha Dan Jenis Usaha Nya .Jika Jenis Usaha Yang Di Jalankan Berbentuk industri Tentu Jangkauan Konsumen Yang Di Tuju Lebih Di Bandingkan Dengan Usaha Bentuk Pertokoan.
2.Lokasi
Lokasi Terbagi Atas Lokasi Perusahaan, Lokasi Pertokoan Dan Lokasi Pabrik/Industri.Ada 2 hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Pemilihan Lokasi yaitu :1.Backward Linkage Atau Di Sebut Pertalian Ke Belakang, Yaitu Bagaimana Sumber Daya (Resource)Yang Akan Di Gunakan.
2.Forward Linkage Atau Di Sebut pertalian Ke Depan, Yaitu Daerah Pemasaran Hasil Produksi.
Terima Kasih Banyak Bu,Materi Yang Ibu Berikan Sangatlah Membantu Bagi Siswa
Nama:Inelsa Rahmawati
BalasHapusKelas:Xl IPS 3
Soal:
Apa yang dimaksud dengan Backward linkage?
Jawab:
Backward linkage atau disebut pertalian ke belakang, yaitu bagaimana sumber daya (resources) yang akan digunakan. Termasuk dalam hal ini adalah bahan baku,tenaga kerja, suasana, dan kondisi masyarakat setempat.
nama :Ramudi
BalasHapuskelas:xlips3
soal:ada2hal yang harus diperhatikan dalam
pemilihan lokasi yaitu
jawab :1Backward lingkage atau disebut pertalian kebelakang yaitu
bagaimana sumber daya (resources ) yang akan digunakan termasuk dalam hal ini adalah bahan baku tenaga kerja suasana dan kondisi masyarakat setempat
2forward linkage atau disebut pertalian kedepan daerah
pemasaran hasil produksi apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi
Nama: RESI PERMATA SARI
BalasHapusKelas:XI ips 2
Soal:
Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi yaitu..
1) Backward linkage atau disebut pertalian ke belakang, yaitu bagaimana sumber daya (resources) yang akan digunakan.
2) Forward linkage atau disebut pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi.
Terimakasih bu atas materi yang ibu berikan sangat mudah untuk di pahami
Nama: halimatus sadiyah
BalasHapusKelas:XI IPS 2
Soal:lokasi terbagi atas 3 yaitu!
Jawab:1.lokasi perusahaan
2.lokasi pabrik
3.lokasi pertokoan
Nama:wulandari
BalasHapusKelas:XI IPS 2
Soal:apa yang dimaksud Partnership?
Jawab:adalah suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha mencari keuntungan.
Nama : Suci Ramadani Putri
BalasHapusKelas: XI IPS 3
SOAL:
Apa yang di maksud dengan Forward linkage?
JAWAB;
Forward linkage atau disebut pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi. Apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi.
Waallaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh 🙏
BalasHapusNama; Maria Ulfah
Kelas:XI IPS 2
Terimakasih Bu atas materinya!🙏
Soal;
Apa yang dimaksud dengan partneship?
Jawab;
-partnership adalah suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha mencari keuntungan.
Nama:Sidik maulana
BalasHapusKelas:XI IPS 2
Soal
1.Tingkat konsumsi ikan penduduk Indonesia pada tahun 2001 sebesar...?
Jawab : 9,96 kg
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Rahmida
BalasHapusKelas : XI IPS 2
Soal
1) Sebuah perusahaan mulai memasuki pasar yang akan menempatkan perusahaannya sebagai...?
Jawab : pemimpin pasar (market leader), penantang pasar (market challenger), pengikut pasar (market follower), atau perelung pasar (market nicher).
Nama:erlianty
BalasHapusKelas:XIips²
Soal
1.forward linkage atau disebut pertalian kedepan daerah
pemasaran hasil produksi apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi
Nama : Ratna Sari
BalasHapusKls : XI IPS 3
Soal
1} sebutkan 2 hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi yaitu :
Jawab
1) Backward linkage atau disebut pertalian ke belakang, yaitu bagaimana sumber daya (resources) yang akan digunakan. Termasuk dalam hal ini adalah bahan baku,tenaga kerja, suasana, dan kondisi masyarakat setempat.
2) Forward linkage atau disebut pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi. Apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi.
Nama:Novia agustina
BalasHapusKelas:XI IPS 3
Nama:M.HAIR LANGGA EPP
BalasHapusKelas:XI IPS3
Nama:Maya nor Safitri
BalasHapusKelas: XI IPS 3
Ket: Hadir
Kerajinan yang terbuat dari limbah, yang memanfatkan dan menggunakan limbah basah yang berasal dari makhluk hidup adalah limbah…
a. organik
b. rumah tangga
c. basah
d. anorganik
e. tekstil
Jawab: a. organik
Nama :Rizky aditiya
BalasHapusKelas:XI IPS 3
Ket :Hadir
Apa yang dimaksud dengan pasar tujuan
Penguasaan pasar dalam arti menyebarluaskan produk merupakan faktor menentukan dalam pengembangan usaha. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.awab:
NAMA: RIO SAPUTRA
BalasHapusKLS : XI IPS 3
Contoh limbah berikut yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan
Daun pisang
Nama : Rahmida
BalasHapusKelas : XI IPS 2
Soal
Lokasi terbagi atas.....
Jawab : lokasi perusahaan, lokasi pertokoan,dan lokasi pabrik/industri.