LKPD KONSTRUKTIVITAS ASAM DAN BASA (KD 10.3)

 











 

 

 





 






 



TUJUAN PEMBELAJARAN

1.        Peserta didik dapat mengidentifikasi asam dan basa menggunakan kertas lakmus melalui percobaan.

2.        Peserta didik dapat merancang percobaan untuk membuat indicator asam basa dari bahan alam dengan benar.

3.        Peserta didik dapat melakukan percobaan pembuatan indicator asam basa dari bahan alam yang telah dirancang dengan benar.

4.        Peserta didik dapat mengidentifikasi asam dan basa berdasarkan data hasil percobaan dengan benar.

 

PETUNJUK

Baca dan pahami materi larutan asam basa yang disajikan dalam LKPD dengan teliti. Gunakan literatur atau sumber belajar lainnya yang berkaitan dengan materi larutan asam basa. Diskusikanlah bersama teman satu kelompokmu. Jawablah pertanyaan dalam LKPD dengan benar. Waktu yang disediakan 50 menit. Jika ada materi atau pertanyaan yang kurang dipahami, tanyakan pada guru.

 

Materi ajar

 

INDIKATOR ASAM BASA

 

Untuk mengenali suatu zat apakah bersifat asam atau basa kita tidak boleh memegang atau mencicipinya, karena akan sangat berbahaya. Contohnya asam sulfat (H2SO4), yang dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai accu zuur (air aki). Bila tangan atau kulit terkena asam sulfat akan melepuh seperti luka bakar dan bila mata yang terkena akan buta. Natrium hidroksida (NaOH) merupakan basa yang banyak digunakan untuk membersihkan saluran air bak cuci. Bila tangan atau kulit terkena natrium hidroksida akan terasa gatal-gatal dan tangan mudah terluka atau iritasi. Jadi, bagaimana cara mengenali zat yang bersifat asam atau bersifat basa? Cara yang tepat untuk menentukan sifat asam dan sifat basa adalah dengan menggunakan zat penunjuk yang disebut indikator. (Tine Maria Kuswati, Ernavita, Ratih dan Elly Marwati.

Mengingat berbahayanya diperlukan indicator uji sifat larutan asam sulfat dan larutan basa natrium hidroksida maka sebagai pengganti praktikum silahkan amati  video tentang praktik uji kertas lakmus pada larutan-larutan tersebut dan siswa diminta untuk mengamati perubahan yang terjadi pada kertas tersebut pada saat dicelupkan. Dari video siswa dapat menarik sendiri sifat kedua larutan tersebut. Carilah literature lain tentang perubahan uji lakmus ini dari ber bagai sumbar untuk mendapat info lebih banyak.

 

1.    Indikator Buatan

Indikator yang sering digunakan di laboratorium kimia adalah kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru. (Tine Maria Kuswati, Ernavita, Ratih dan Elly Marwati, 2015:185)

Selain kertas lakmus, ada yang namanya indikator universal. Indikator jenis ini dibuat dalam bentuk kertas agar praktis memakainya. Setelah dicelupkan kedalam larutan, akan timbul warna tertentu dan kemudian dicocokkan dengan warna yang tertera pada kotaknya (Syukri, 1999:426).



Gambar 2. (a) Indikator lakmus merah dan biru; (b) indikator universal.

 

A.        Praktikum Menggunakan Indikator Buatan

Lakukan percobaan sederhana berikut dengan teliti!

Tujuan Percobaan

Membedakan larutan asam dan basa dengan menggunakan kertas lakmus

 

Alat dan Bahan

Alat:

-            Pipet tetes  4 buah

-            Plat tetes     1 buah

Bahan:

-            Air sabun

-            Air suling

-            Kertas lakmus merah

-            Kertas lakmus biru

-            Minuman kaleng sprite

-            Jeruk nipis

Prosedur Kerja

a.         Masukkan masing-masing 3 tetes air sabun kedalam 2 lubang pada plat tetes.

b.        Celupkan kertas lakmus merah pada lubang 1 dan lakmus biru pada lubang 2 yang berisi air sabun tadi.

c.         Catat perubahan warna kertas lakmus setelah dicelupkan dalam larutan.

d.        Ulangi langkah a sampai d untuk air suling dan sprite.

 


 

Pertanyaan

Bagaimana perubahan warna kertas lakmus merah dan biru yang terjadi pada larutan asam, basa dan netral?

Jawaban:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

Berdasarkan uji larutan dengan kertas lakmus di atas, anda sudah mampu menyimpulkan mana larutan yang bersifat asam, basa, dan netral. Silahkan simpulkan pula fungsi dari indicator buatan kertas lakmus tersebut.

Selain menggunakan indicator lakmus kalian juga bisa menguji larutan-larutan di alam yang memiliki sifat yang sama menggunakan indicator alami atau bahan buatan.

2.        Indikator Alam

Perhatikanlah Gambar berikut!


Gambar 1. (a) Kembang sepatu, (b) bunga hydragea, (c) kol merah, dan (d) kunyit dapat digunakan untuk indikator alami  Bagaimana untuk membuat indikator asam basa dari bahan-bahan yang ada di alam tersebut? Untuk membuktikannya kalian dapat merancang dan melakukan suatu percobaan untuk membuat indikator alami.

 

 

1.        Orientasi

Berkat pengalaman dan penelitian para ahli kimia, kini telah tersedia cara praktis untuk menunjukkan keasaman dan kebasaan, yaitu dengan menggunakan zat penunjuk yang disebut indikator asam basa.


Rimpang kunyit  merupakan salah satu contoh indikator asam basa yang dapat kita temukan di alam. Contoh indikator asam basa lainnya adalah kol merah, bunga mawar, bunga kana dan kulit manggis.

 

Apa itu indikator asam basa? Dan bagaimana indikator-indikator tersebut dapat menentukan larutan itu asam atau basa? Pertanyaan itu akan dapat kalian jawab setelah kalian memahami materi indikator asam basa pada pertemuan ini.

 

2.        Restrukturisasi

B.        Indicator alami

Tujuan : membuat indicator alami asam basa dari bahan alam

Alat dan Bahan:

-          Cawan porselin dan mortal         - Erlenmeyer

-          Corong                                           - air suling (netral)

-          Kertas saring                                 - asam cuka  (asam)

-          Pengaduk                                       - air kapur (basa)

-          Tabung reaksi                               - kembang sepatu

-          Pipet tetes                                     - bunga terompet ungu

Rancangan percobaan untuk membuat indicator asam basa dari bahan alam dengan melengkapi prosedur kerja berikut!

Untuk membantu kalian dalam merancang dan melakukan percobaan, kalian dapat memperhatikan gambar 6, yang didasarkan pada percobaan yang pernah dilakukan.

Prosedur Kerja:

1.        ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

2.        Gerus dalam cawan porselin dengan sedikit air

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

3.        Catat perubahan warna yang terjadi.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

4.        Lakukan percobaan yang telah kamu rancang dan catat hasilnya pada table hasil pengamatan!

 

Tabel Hasil Pengamatan

 

Pertanyaan

1.        Bagaimana perubahan warna yang terjadi pada ekstrak mahkota Bunga kembang sepatu ketika ditambah larutan asam, basa dan netral?

Jawaban:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.        Bagaimana perubahan warna yang terjadi pada ekstrak mahkota bunga trompet ketika ditambah larutan asam, basa dan netral?

Jawaban:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.        Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh, maka tuliskan kesimpulan yang dapat kamu ambil dari percobaan kegiatan 1!

 

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

Ramalkan perubahan warna yang terjadi pada ekstrak mahkota bunga terompet, ekstrak kembang sepatu, kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru ketika ditambah:

 

4.        Aplikasi ide

1.        Berikut ini data uji pendahuluan beberapa larutan dengan indicator alami.

Tentukan larutan yang bersifat asam, basa dan netral!

Jawaban:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

2.        Sekelompok siswa melakukan percobaan untuk menganalisis ekstrak bunga dan umbi yang dapat digunakan sebagai indikator. Datanya sebagai berikut.

No

Ekstrak

Warna dalam

Cuka 1 M

Air Kapur 1 M

1

Anggrek bulan

Merah

Hijau

2

Kunyit

Kuning

Jingga

3

Bunga pisang hias

Jingga

Jingga

4

Baugenvil

Merah muda

Kuning

5

Melati

Putih

Putih

 

Menurut kalian, ekstrak bunga atau umbi mana yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa?

Jawaban:

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………….....

Berikan alasanmu!

Jawaban:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….....................................................................................................................

Dari data di atas, tentukanlah yang merupakan larutan asam, basa dan netral!

Jawaban:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

            Selamat mengerjakan dan terus semangat ya !

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

 

Syukri. 1999. Kimia Dasar 2.  ITB. Bandung.

Tine Maria Kuswati, Ernavita, Ratih dan Elly Marwati. 2015. Konsep dan Penerapan Kimia SMA/MA Kelas XI. Bumi Askara. Jakarta.

 

Komentar

Postingan Populer