Kunci jawaban post test modul 2 merancang pembelajaran

Kunci jawaban post test modul 1 dan 2 merancang pembelajaran




Hai, bapak ibu guru hebat. Dibawah berikut hanya sebagai bahan membantu saja. Benar salah tergantung anda ya!. Jika anda terbantu dengan konten saya maka jangan lupa tinggalkan komentarnya dibawah agar saya lebih bersemangat. Selamat mengerjakan!

Modul 1

1. Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenali benda geometris, kemudian dilanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai aturan teori objek geometris tersebut. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah

Kunci A. Pengurutan konkret - abstrak

2. Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:

1. Wawancara.

2. Pemilihan informasi yang relevan.

3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.

4. Merumuskan misi sekolah.

5. Merumuskan visi sekolah.

Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....

Kunci B. 1-2-3-5-4.

3. Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan budaya sekolah yang positif. Berikut yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi budaya sekolah yang positif adalah....

Kunci D. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan

4. Berikut ini yang BUKAN merupakan informasi yang bisa ditemukan pada Capaian pembelajaran adalah....

Kunci D. Jenis asesmen yang harus diberikan kepada peserta didik

5. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual?

Kunci D. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik

6. Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenali benda geometris, kemudian dilanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai aturan teori objek geometris tersebut. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah

Kunci A. Pengurutan konkret - abstrak

7. Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual?

Kunci D. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik

8. Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D.
Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah...

Kunci C. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

9. Berikut ini yang bukan merupakan alternatif dalam merumuskan tujuan pembelajaran adalah....

Kunci D. Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan keinginan pendidik.


10. Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan budaya sekolah yang positif. Berikut yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi budaya sekolah yang positif adalah....

Kunci D. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan

11. Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah

Kunci D. Mempelajari dan menguraikan CP


12. Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah

Kunci  C. Sistem diri

13. Untuk mengajarkan pembagian kepada peserta didik, Bu Sara mengajarkan pengurangan kepada peserta didik. Metode pengurutan konten yang dilakukan oleh Bu Sara adalah....

Kunci B. Pengurutan deduktif

14. Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran geografi, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenai peta secara umum sebelum melanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai peta-peta tematik. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah....

Kunci B. Pengurutan deduktif

15. Perhatikan visi satuan pendidikan berikut:

Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila

Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan pendidikan. Misi satuan pendidikan yang kurang relevan dengan visi di atas adalah....

Kunci: D. Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan

16. Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah

Kunci: Benar

17. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah

Kunci: A. Mengidentifikasi kata kunci pada Capaian Pembelajaran

18. Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif?

Kunci: B. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.











Modul 2


1. Ragam bentuk dari rancangan pembelajaran adalah ...

A RPP

B Modul ajar

C Lesson plan

D Benar semua

Kunci B. Modul ajar

2. Bu Anita ....
Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun datar dengan jumlah yang cukup banyak.

Langkah yang dapat dilakukan Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada modul ajar tersebut adalah

A Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran

B Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik

C Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran

D Melakukan modifikasi pada modul ajar secara keseluruhan

Kunci: A

3. Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali

A Meningkatkan pemahaman murid.

B Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.

C. Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar

D Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi

Kunci: D


4. Pak Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran mengenai perubahan wujud benda. Pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Pak Anto dalam proses pembelajaran tersebut adalah

A Bagaimana cara mengubah air menjadi es?

B Apakah suhu mempengaruhi perubahan wujud benda?

C) Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?

D Apakah udara bisa mengalami perubahan wujud?

Kunci: C


5. Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada

A Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran

B Aspek dan tingkat capaian peserta didik

C. Capaian pembelajaran sesuai fase

D) Lembar penilaian yang disiapkan

Kunci: A


6. Pak Markus sedang merancang asesmen
untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus
ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian tujuan pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah...

Kunci: A. 3 alat digunakan sekaligus


7. Menumbuhkan minat untuk belajar, melibatkan peserta didik berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya, serta menyesuaikan capaian belajarnya merupakan salah satu kriteria modul ajar, yaitu

A Esensial

B Menarik, bermakna, dan menantang

C Relevan dan kontekstual

D Berkesinambungan

Kunci: A 


8. Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah

A Merupakan pemahaman praktis.

B Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran.

C Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar.

D) Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'.

Kunci: A

9. Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah ...

A Agar murid mendapatkan nilai

B Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran

C Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus, keren, pintar, pandai, cerdas, dan sebagainya

D Untuk menjadi data tambahan

Kunci: B

10. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :

1. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam

2. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.

3. Lebih disukai peserta didik karena dapat disajikan secara menarik.

4. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.

Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar konkrit ditunjukkan pada nomor.

Kunci C. 1 dan 4

11. Manakah diantara pernyataan di bawah ini yang benar terkait dengan modul ajar?

Kunci  D. Satu modul ajar dapat disusun untuk satu atau lebih tujuan pembelajaran.


12. Ibu Yuki sedang melaksanakan PJJ. la hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:

1. Isi modul ajar untuk pembelajaran luring

2. Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses

3. Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh

Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah

Kunci: C. Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar

13. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :

1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.

2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam

3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.

4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.

Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor

Kunci D. 2 dan 4

14. Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

1. Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?

2. Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur meja?

3. Bagaimana cara menggunakan timbangan?

4. Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?

Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas, manakan pertanyaan pemantik yang dapat di gunakan oleh Bu Ami?

Kunci A. 1 dan 2

15. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah....

Kunci B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi

16. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:

1. Mengukur pencapaian hasil belajar

2. Mengetahui kemampuan awal peserta didik

3. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik

4. Mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar

Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor...

Kunci D. 2 dan 4










Komentar

Postingan Populer